Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Memasak Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku yang Enak Banget!

Ingin membuat semur ayam bumbu lengkap ala ibuku yang lezat? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep semur ayam bumbu lengkap ala ibuku terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan semur ayam bumbu lengkap ala ibuku! Hidangan spesial untuk hari ini. Selamat mencoba resepnya!

Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku

Pada umumnya orang tidak berani memasak semur ayam bumbu lengkap ala ibuku karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur ayam bumbu lengkap ala ibuku! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Resep Semur Ayam Lezat dan Nikmat - Semur ayam adalah kuliner nusantara yang terbuat dari bahan dasar ayam dan bumbu kecap manis yang meresap ke dalam ayam, menghadirkan cita rasa yang begitu familiar di lidah. Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam menjadi bumbu utama yang wajib ada, karena semur diartikan sebagai masakan dengan lumuran kecap berwarna coklat pekat. Semur Bebek Ala Ibu Oleh Bubu Kinanti: Semua pasti setuju kalau masakan ibu itu masakan terenak di dunia 😅 gak peduli sesederhana apa bahannya.

Kawan-kawan dapat membuat semur ayam bumbu lengkap ala ibuku hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep semur ayam bumbu lengkap ala ibuku!

Untuk menyiapkan Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1/2 ekor of ayam potong 6, saya pilih bagian paha.
  2. Dibutuhkan 3 buah of tahu janti ukuran 4*4 potong diagonal lalu goreng.
  3. Gunakan 2 buah of kentang ukuran sedang, potong jadi 4 lalu goreng.
  4. Sediakan 3 buah of wortel ukuran besar potong serong.
  5. Sediakan 2 buah of tomat ukuran besar potong jadi 4.
  6. Siapkan 1 buah of daun selederi.
  7. Dibutuhkan 1 buah of daun bawang potong serong.
  8. Siapkan 2 buah of star anise atau bunga lawang.
  9. Sediakan 4 cm of kayu manis.
  10. Gunakan 3 of cengkeh.
  11. Diperlukan 4 sdm of kecap manis.
  12. Diperlukan 1 of air.
  13. Diperlukan 3 sdm of minyak untuk menumis.
  14. Ambil of Bumbu Halus ;.
  15. Dibutuhkan 9 of bawang merah.
  16. Sediakan 7 of bawang putih.
  17. Diperlukan 1/2 sdt of pala halus.
  18. Siapkan 1 sdt of garam.
  19. Sediakan 1 sdt of gula.
  20. Gunakan 1/2 sdt of merica bubuk.

Dan ini resep semur dari ibuku. Kaya rempah, manis gurih pedes Di kampung ku di Serang Banten setiap ada perayaan hari besar islam semur bebek itu jadi menu utama yg wajib ada. Makanya, ibuku bilang aku harus bisa bikin semur. Lihat juga resep Semur Komplit Sehat masa pandemi enak lainnya.

Cara memasak Semur Ayam Bumbu Lengkap Ala Ibuku:

  1. Panaskan minyak tumis bumbu halus, masak hingga matang dan berubah warna, masukan semua rempah..
  2. Tambahkan kecap dan sebagian tomat aduk rata, masukan ayam, aduk rata. masak hingga ayam tertutup bumbu dan ayam berubah warna..
  3. Tambahkan air, tahu, daun bawang dan sledri, masak hingga ayam 1/2 matang, masukan wortel, sisa tomat dan kentang..
  4. Masak hingga wortel matang koreksi rasanya, matikan api siap disajikan..
Selain semur ayam, tentu saja masih banyak lagi masakan yang bisa dibuat dengan bahan utama daging ayam, seperti ayam goreng fried chicken, ayam balado, ayam bakar bumbu pedas, ayam kecap hitam, ayam begana, ayam rica rica, sate ayam, ayam panggang, ayam bumbu bali, ayam kukus lunak, ayam kalasan, dan sejenisnya. Masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu. Masak hingga mendidih dan ayam empuk, serta kuahnya mengental. Tambahkan irisan cabai dan daun bawang, aduk rata. Rasanya yang manis gurih sangat khas untuk hidangan lebaran yang special.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat semur ayam bumbu lengkap ala ibuku. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close