Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ikan Asap Tuna Masak Santan yang Enak Banget!

Coba resep ikan asap tuna masak santan sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi makanan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - ikan asap tuna masak santan! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Ikan Asap Tuna Masak Santan

Pada umumnya orang tidak berani memasak ikan asap tuna masak santan karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan asap tuna masak santan! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibuat terasa lezat. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ikan asap yang digunakan pada resep ini adalah ikan pari. Kalau suka banyak kuah, gunakan wajan yang berukuran lebar. Sayur lodeh ikan asap. foto: Instagram/@kumpulanresepmasak.

Kalian dapat memasak ikan asap tuna masak santan hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ikan asap tuna masak santan!

Untuk membuat Ikan Asap Tuna Masak Santan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 ekor of ikan asap tuna, suwir kasar.
  2. Dibutuhkan 100 ml of santan kara.
  3. Sediakan 500 ml of air.
  4. Siapkan secukupnya of Penyedap rasa.
  5. Sediakan secukupnya of Garam krosok.
  6. Siapkan 1 sdt of Bawang putih bubuk.
  7. Siapkan of Bumbu halus :.
  8. Diperlukan 7 siung of bawang merah.
  9. Dibutuhkan 4 siung of bawang putih.
  10. Ambil 5 buah of cabe rawit.
  11. Gunakan 1/2 ruas of kunyit.
  12. Ambil 1/2 sdt of merica bubuk.
  13. Diperlukan 4 lembar of Daun jeruk.
  14. Ambil 1 batang of sereh, geprek.

Ikan pari asap masak santan Suka sekali dengan ikan pari. Entah karena saya memang pemakan segala atau memang saya suka dengan bau asap-asap dari ikan-ikan yang diasap. Baik itu ikan pari atau jenis lainnya. Berbeda dengan paksu yang nggak doyan sama sekali.he.

Cara menyiapkan Ikan Asap Tuna Masak Santan:

  1. Haluskan bumbu, kecuali daun jeruk & sereh. Tumis bumbu hingga harum, masukkan daun jeruk & sereh, aduk..
  2. Masukkan ikan asap yg sudah di suwir kasar, aduk rata kemudian masukkan air. Tunggu hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, kecilkan api kemudian tambahkan santan. Bumbui dgn garam, penyedap & bawang putih bubuk, aduk kembali hingga rata, cek rasa, matikan kompor kemudian angkat. Selamat mencoba 😊.
Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Masukkan kecap manis, santan, dan cabai rawit. Setelah itu, taburi ikan tuna dengan garam secukupnya dan goreng hingga matang sempurna. Ikan tuna juga dikenal mempunyai rasa yang sangat empak & lezat. Sayur lodeh ikan asap. foto: Instagram/@kumpulanresepmasak.

Mudah bukan membuat ikan asap tuna masak santan? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close