Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Soto Betawi Susu Gurih Kekinian

Jenuh sama hidangan yang itu-itu saja? Mari coba resep soto betawi susu gurih ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Satu lagi sajian yang bakal membuat meja makan semakin meriah - soto betawi susu gurih! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Soto Betawi Susu Gurih

Sebagian Besar orang takut mulai memasak soto betawi susu gurih karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi susu gurih! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dibikin terasa lezat. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Bumbu rempah yang digunakan seperti kemiri, ketumbar, jinten dan pala. Sebagai bahan pelengkap, soto ini biasanya disajikan bersama emping, wortel dan acar timun beserta bawang goreng dan cabai rawit. Soto Betawi Susu Image by: checkinjakarta.id.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat membuat soto betawi susu gurih hanya dengan menggunakan 33 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep soto betawi susu gurih!

Untuk menghidangkan Soto Betawi Susu Gurih, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 250 gr of daging sapi.
  2. Siapkan of Kikil rebus (potong dadu).
  3. Diperlukan 2 buah of kentang goreng (potong dadu).
  4. Sediakan 2 lembar of daun salam.
  5. Gunakan 2 lembar of daun jeruk.
  6. Sediakan 2 batang of sereh (geprek).
  7. Dibutuhkan 3 butir of kapulaga (geprek).
  8. Siapkan 1 butir of cengkeh.
  9. Ambil 1/2 ruas jari of lengkuas (geprek).
  10. Siapkan 2 batang of daun bawang (iris).
  11. Siapkan 400 ml of susu cair plain.
  12. Diperlukan 2 sdm of santan kental (siap pakai).
  13. Ambil 2 sdt of garam.
  14. Diperlukan 1/2 sdt of gula.
  15. Dibutuhkan 2 sdm of kaldu bubuk non msg.
  16. Sediakan 1/4 sdt of lada bubuk.
  17. Diperlukan secukupnya of Air.
  18. Dibutuhkan of Bawang goreng.
  19. Dibutuhkan of Bumbu Halus.
  20. Diperlukan 4 siung of bawang merah.
  21. Siapkan 3 siung of bawang putih.
  22. Diperlukan 1/2 ruas jari of kunyit.
  23. Ambil 3 buah of kemiri.
  24. Gunakan 1/4 sdt of jinten.
  25. Diperlukan 1/2 ruas jari of jahe.
  26. Sediakan 1/2 sdt of ketumbar.
  27. Siapkan 4 sdm of minyak goreng.
  28. Gunakan of Bahan Sambal.
  29. Diperlukan 5-7 buah of cabai rawit.
  30. Ambil 1/2 sdt of air jeruk limo.
  31. Dibutuhkan 1/4 sdt of garam.
  32. Siapkan 1/4 sdt of gula pasir.
  33. Diperlukan 3 sdm of air hangat.

Inilah beda soto betawi dengan soto lainnya. Resep soto betawi susu ini dibuat dari kuah susu. Namun rasanya tetap nikmat seperti soto lainnya. Lalu apa saja bahan dan bagaimana cara membuat soto betawi susu?

Proses menyiapkan Soto Betawi Susu Gurih:

  1. Panaskan wajan, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas, sereh, kapulaga, dan cengkeh hingga harum..
  2. Panaskan panci berisi air secukupnya, masukan daging sapi. Selagi merebus daging sapi masukan bumbu halus yang telah ditumis. Kemudian tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, lada bubuk, susu cair, dan santan. Aduk rata dan tunggu hingga daging empuk..
  3. Apabila daging sudah empuk, keluarkan dari panci dan goreng sebentar agar permukaan luarnya sedikit crunchy. Kemudian potong dadu dan masukan kembali ke dalam kuah soto bersama kikil rebusnya. Terakhir tambahkan daun bawang dan bawang goreng. Aduk rata, matikan api dan sajikan bersama pelengkap (kentang goreng dadu, emping, sambal, tomat, jeruk limo, bawang goreng).
  4. Untuk membuat sambal, rebus cabe rawit hingga lunak lalu ulek kasar bersama garam dan gula. Sisihkan dalam wadah, tambahkan air jeruk limo dan air hangat. Aduk hingga tercampur dan sajikan bersama soto..
Cobalah anda membuat soto Betawi sendiri dirumah, selain efisien juga bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Setelah itu barulah disiram kuah susu yang kental gurih. Sedapnya Gulai Kepala Ikan Kakap dan Burung Punai Goreng. Saat mencicipi kuah soto Betawi, mereka langsung. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara.

Selamat mencoba resep soto betawi susu gurih! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close