Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menghidangkan Pempek Keriting Untuk Pemula!

Jenuh sama makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep pempek keriting ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Makanan pempek keriting ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Pempek Keriting

Banyak orang sudah menyerah duluan pempek keriting karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek keriting! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Adonan pempek keriting ditimbang terlebih dahulu, lalu ditekan-tekan menggunakan pirikan tersebut hingga adonannya keluar melalui lubang kecil dan menjadi helaian seperti itu.

Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat menyiapkan pempek keriting hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pempek keriting yuk!

Untuk membuat Pempek Keriting, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 500 gr of ikan giling.
  2. Sediakan 350 gr of sagu.
  3. Ambil 1 sendok of garam penuh.
  4. Dibutuhkan 1 sendok kecil of penyedap (opsi).
  5. Dibutuhkan 250 ml of air.
  6. Gunakan of Air u merebus.

Pempek ini jarang sekali dijumpai pada saat perayaan sebuah acara di Palembang, mungkin karena tingkat kesulitan dan lamanya waktu pembuatan jika harus memproduksi dalam. Cari produk Camilan Beku lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Pempek keriting dan Pempek Lenjer potong sangat diminati oleh orang palembang.

Cara menyiapkan Pempek Keriting:

  1. Campur ikan giling dan semua bahan, terakhir masukkan sagu, aduk sampai rata dan jangan lama menguleni..
  2. Ambil 2 sendok adonan atau sesuai selera, taro di talenan dan bentuk dengan menggunakan pirikan..
  3. Rebus adonan yg sudah dibentuk ke air mendidih sampai matang dan tiriskan..
  4. Siap disajikan dengan cuka..
  5. Selamat mencoba, jangan lupa subcribe dan follow 😍😍😍.
Sebelum dimakan, pempek ini disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu untuk pempek jenis pempek lenjer. Kalo di palembang, pempek keriting ini tetap rebusan untuk penyajiannya. Bentuknya yang lucu membuat orang penasaran untuk mencobanya. Setiap bentuknya, pempek memiliki nama dan rasa sendiri-sendiri. Sesuai namanya, pempek ini berbentuk keriting, membuatnya pun harus teliti, karena harus menggunakan cetakan khusus.

Mudah bukan membuat pempek keriting? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close