Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Ayam Goreng Bacem Anti Gagal!

Sedang nyari resep ayam goreng bacem yang paling enak? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep ayam goreng bacem terbaik! ayam goreng bacem pas untuk disandingkan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Ayam Goreng Bacem

Kebanyakan orang takut mulai memasak ayam goreng bacem karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng bacem! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa enak. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ayam Bacem Densus adalah MRE (Meal Ready To Eat) atau kata lainnya Siap Saji sehingga anda dapat saja langsung menyajikan dan menyantap produk kami saat diterima. Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat memasak ayam goreng bacem hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ayam goreng bacem yuk!

Untuk menghidangkan Ayam Goreng Bacem, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 250 gram of ayam.
  2. Siapkan 1 buah of jeruk nipis.
  3. Sediakan secukupnya of minyak, untuk menggoreng.
  4. Diperlukan of Bumbu Halus:.
  5. Sediakan 4 of siug bawang merah.
  6. Gunakan 2 siung of bawang putih.
  7. Dibutuhkan 1/2 sdt of ketumbar sangrai, (me: bubuk).
  8. Siapkan 2 sdm of gula merah, (me: gula palm).
  9. Sediakan 1/2 sdm of garam.
  10. Diperlukan of Bumbu Cemplung:.
  11. Diperlukan 2 cm of lengkuas, memarkan.
  12. Diperlukan 3 lembar of daun salam, (me: kering).
  13. Gunakan 25 ml of air asam jawa.
  14. Diperlukan 400 ml of air kelapa.

Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan.

Cara menghidangkan Ayam Goreng Bacem:

  1. Potong ayam jadi beberapa bagian. Cuci bersih ayam lalu lumuri jeruk nipis peras. Diamkan sebentar..
  2. Siapkan bumbu yang akan dihaluskan. Ulek sampai tercampur rata..
  3. Bilas ayam yang sudah dilumuri jeruk nipis. Masukkan bumbu halus, lengkuas dan daun salam, aduk rata. Tambahkan air kelapa dan air asam jawa..
  4. Rebus ayam hingga bumbu meresap, rebus dengan api kecil dan tutup. Boleh sesekali ayam dibalik agar bumbu meresap rata. Jika sudah asat angkat dan pindahkan kewadah lain..
  5. Bisa langsung digoreng atau disimpan dulu. Goreng pada minyak panas hingga warna berubah golden brown. Jika sudah matang angkat, tiriskan dan sajikan..
Untuk membuat ayam bacem goreng istimewa ternyata tidaklah sulit. Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat ayam goreng bacem hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close