Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Serundeng Kekinian

Jenuh dengan hidangan yang itu-itu saja? Yuk coba resep ayam serundeng ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Hadirkan ayam serundeng untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Ayam Serundeng

Kebanyakan orang malas mulai memasak ayam serundeng karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam serundeng! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Meskipun tidak sesimpel ayam goreng pada umumnya, namun cara membuat ayam goreng serundeng juga tidak bisa. Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng - Sudah lama sekali rasanya saya ingin membagikan salah satu masakan berbahan dasar ayam yang disukai banyak orang ini. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana.

Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat memasak ayam serundeng hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ayam serundeng yuk!

Untuk menyiapkan Ayam Serundeng, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 800 of gr/9 potong ayam, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Sediakan 1/4 kg of kelapa parut.
  3. Siapkan 1/2 sdm of garam.
  4. Gunakan 1/4 sdm of gula pasir.
  5. Sediakan 300 ml of air.
  6. Diperlukan of Bumbu halus : blender.
  7. Siapkan 10 butir of bawang putih.
  8. Sediakan 3 ruas jari of kunyit.
  9. Siapkan 2 ruas jari of jahe.
  10. Gunakan 50 gr of lengkuas muda.

Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering. POULTRYINDONESIA, Tegal - Menu masakan khas Indonesia yang satu ini tak kalah lezat dan tersohor dari menu masakan modern, sebut saja menu Ayam Goreng Serundeng Laos. Asal muasal masakan ini masih belum diketahui dari daerah mana, namun kuliner ini tengah menjadi menu favorit khususnya bagi para warga Tegal dan sekitarnya. Aroma masakannya yang khas, mampu […] Ayam serundeng ini bisa menjadi lauk untuk aneka sajian.

Proses menyiapkan Ayam Serundeng:

  1. Campur ayam, bumbu halus, garam, gula pasir dan air. Ungkep hingga airnya habis.
  2. Angkat ayam satu persatu, pisahkan dari bumbunya.
  3. Campur bumbu ayam dan kelapa parut. Aduk rata. Sisihkan dulu.
  4. Goreng ayam hingga setengah kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Goreng/sangrai campuran bumbu dan kelapa parut hingga kuning kecoklatan atau hingga menjadi serundeng dengan api cenderung kecil sambil terus diaduk supaya tidak gosong. Angkat dan tiriskan.
  6. Tata ayam dalam wadah/piring. Taburi dengan serundeng. Sajikan.
Cocok dipadukan dengan sayur bening sederhana ataupun sayur lodeh. Atau bisa juga menjadi teman makan nasi tanpa tambahan menu lainnya. Bagi para ibu yang kerepotan menyiapkan bekal di pagi hari, ayam serundeng bisa jadi solusi karena bisa disimpan hingga beberapa hari. Ada banyak resep yang bisa digunakan untuk membuat ayam goreng serundeng. Anda bisa memasak ayam goreng serundeng dengan rasa yang gurih dan renyah.

Mudah bukan membuat ayam serundeng? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close