Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Empek2 ikan bandeng Untuk Pemula!

Ingin bikin empek2 ikan bandeng yang lezat? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep empek2 ikan bandeng terbaik! Satu lagi makanan yang bisa membuat meja makan semakin meriah - empek2 ikan bandeng! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Empek2 ikan bandeng

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan empek2 ikan bandeng karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari empek2 ikan bandeng! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan yang dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish). Lihat juga resep Pempek Tenggiri Tanpa Tepung enak lainnya.

Sobat dapat menyiapkan empek2 ikan bandeng hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin empek2 ikan bandeng yuk!

Untuk menyiapkan Empek2 ikan bandeng, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 ekor of bandeng ukuran besar.
  2. Dibutuhkan 1/4 kg of tepung terigu.
  3. Dibutuhkan 1 kg of tepung aci.
  4. Siapkan 4 siung of bawang putih haluskan.
  5. Dibutuhkan 1/2 sendok of merica bubuk.
  6. Diperlukan secukupnya of Garam.
  7. Gunakan 1/2 gelas of air hangat.
  8. Siapkan of #untuk kuah.
  9. Dibutuhkan of Asem jawa.
  10. Siapkan of Gula merah.
  11. Diperlukan 1/2 sendok teh of garam.
  12. Dibutuhkan 2 siung of bawang putih iris tipis2.
  13. Gunakan 1 sendok mkan of kecap.
  14. Dibutuhkan 5 buah of cabe kriting.
  15. Diperlukan 5 buah of cengis.
  16. Siapkan 2 liter of air.
  17. Sediakan of #Bahaan isian.
  18. Diperlukan 3 buah of telor rebus belah2 menjadi beberapa bagian.
  19. Sediakan of #bahan pelengkap.
  20. Diperlukan 4 buah of timun potong dadu kecil kecil.

Olahan bandeng yang satu ini sih jelas sudah tidak asing lagi. Apalagi kalau anda sedang melancong ke kota Semarang. Olahan bandeng presto ini ada di mana-mana. Bandeng presto sendiri merupakan ikan bandeng yang diolah dengan cara dipresto hingga durinya lunak.

Proses memasak Empek2 ikan bandeng:

  1. Cuci bersih ikan bandeng belah mnjadi 2 ambil durinya lalu kerok dagingnya yang tersisa cuman kulitnya.
  2. Haluskan bawang putih kemudian ikan yang sudah di kerok tadi.
  3. Siapkan baskom taruhlah tepungbterigu beri air hangat garam mrica dan masako aduk2 sebentar.
  4. Campurkan tepung kanji / aci ke adonan tadi uleni sampe kalis.
  5. Cetak empek2 isi sesuai selera bisa sosis telor atw keju..kalo aku pake telor.
  6. Panaskan air setelah mendi2h taruhlah cetakan empek2 tersebut tunggu 10menit sampe empek2 naik ke permukaan jemudian angkat tiriskan.
  7. Empek2 siap d goreng.
  8. Untuk membuat kuah haluskan cabe rawit cabe kriting garam sama gula tumis sebentar..beri perasaan asam jawa kemudian tambahkan kecap tes rasa kemudian saring dan.kuah siap d campurkan ke empek2...selamat mencoba😘.
Bandeng dipresto bersama berbagai bumbu, seperti garam, bawang. Dengan berbagai variasi den jenis umpan mancing bandeng, anda dapat dengan mudah mendapatkan banyak strike dan berhasil membawa banyak ikan bandeng. Apalagi jika anda memancing di tambak yang berbayar seperti halnya kolam besar, ini dapat membuat sia-sia jika umpan yang anda terapkan tidak top markotop menarik ikan bandeng. Selain protein, ikan gabus memiliki kandungan albumin yang sangat tinggi. Lumut adalah umpan alami yang sering digunakan oleh kawanan pemancing seperti untuk ikan Bandeng.

Mudah bukan membuat empek2 ikan bandeng? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close