Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut ikan manyung simple 😋 Untuk Pemula!

Ingin memasak mangut ikan manyung simple 😋 yang enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep mangut ikan manyung simple 😋 terbaik! mangut ikan manyung simple 😋 merupakan salah satu menu makanan yang paling digemari. Yuk, saatnya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Mangut ikan manyung simple 😋

Kebanyakan orang takut mulai memasak mangut ikan manyung simple 😋 karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan manyung simple 😋! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ikan manyung dikenal cukup sulit untuk. Mangut Manyung merupakan masakan berkuah santan dengan rasa yang pedas. Masakan ini memakai ikan Manyung sebagai bahan dasar pengolahan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat memasak mangut ikan manyung simple 😋 hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep mangut ikan manyung simple 😋!

Untuk memasak Mangut ikan manyung simple 😋, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan.
  2. Siapkan 1 kg of ikan manyung asap (12 potong).
  3. Ambil 1/4 ikat of kemangi.
  4. Ambil 6 of cabe rawit merah.
  5. Gunakan of Bumbu.
  6. Siapkan 6 of bawang merah.
  7. Gunakan 4 of bawang putih.
  8. Gunakan sesuai selera of Kencur.
  9. Sediakan 2 cm of Kunyit.
  10. Ambil of Garam.
  11. Sediakan of Kaldu sehat.
  12. Ambil 1 bks of santan instan.
  13. Sediakan of Minyak goreng utk menumis bumbu.
  14. Dibutuhkan secukupnya of Air.

Bagian kepala ikan yang sering dipilih untuk diolah, tetapi anda juga dapat mempergunakan bagian daging tubuh ikan. Ikan Manyung adalah sejenis ikan laut yang biasa diolah menjadi ikan asin dan biasa disebut. Salah satu masakan yang terbuat dari ikan adalah mangut. Mangut adalah kuliner tradisional khas Jawa dan banyak ditemukan di kota-kota yang berada di pesisir pantai utara seperti Semarang dan sekitarnya.

Proses menyiapkan Mangut ikan manyung simple 😋:

  1. Haluskan bumbu, lalu tumis sampai harum.
  2. Masukkan air dan santan secukupnya.
  3. Tunggu agak mendidih masukkan garam dan ikan asap, tunggu sampai mendidih kembali sambil diaduk2 pelan.
  4. Masukkan kemangi dan cabe rawit, koreksi rasa.
  5. Setelah matang, angkat....sajikaan.
  6. Satu porsi dpt 2 potong ikan yaa....selamat makan siaang.
Di sekitar Semarang, mangut biasanya dibuat dari ikan pari asap atau biasa disebut dengan Ikan Pe atau dalam bahasa Jawa adalah Iwak Pe. Sedangkan Bumbu untuk membuat Mangut Ndas Manyung yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit hijau rebus, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam, dan penyedap secukupnya. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. It is a rich, thick seasoned curry-like dish. Ndas adalah sebutan dalam bahasa Jawa, yang artinya kepala.

Mudah bukan membuat mangut ikan manyung simple 😋? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close