Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Memasak Pempek Tanpa Ikan Anti Ribet!

Coba resep pempek tanpa ikan sebagai menu istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan pempek tanpa ikan untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Pempek Tanpa Ikan

Kebanyakan orang malas mulai memasak pempek tanpa ikan karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek tanpa ikan! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai banyak bumbu agar masakan yang dibuat terasa lezat. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Pempek sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan menggugah selera.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat menghidangkan pempek tanpa ikan hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pempek tanpa ikan yuk!

Untuk menghidangkan Pempek Tanpa Ikan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan Adonan.
  2. Gunakan 250 gram of Tepung Tapioka.
  3. Sediakan 65 gram of Tepung terigu.
  4. Sediakan 1 butir of telur.
  5. Diperlukan secukupnya of Air panas untuk nguleni adonan.
  6. Ambil 1 batang of Daun bawang.
  7. Dibutuhkan 2 siung of Bawang putih.
  8. Diperlukan secukupnya of Garam.
  9. Siapkan secukupnya of Kaldu jamur.
  10. Ambil of Bahan Cuko.
  11. Siapkan 1 sdm of Udang kering (kalau disini disebut rese).
  12. Sediakan 2 siung of Bawang putih.
  13. Dibutuhkan sesuai selera of Cabe merah.
  14. Ambil secukupnya of Gula merah.
  15. Gunakan of Asam jawa 1 ruas, kalau kurang asam bisa dikasih cuka.
  16. Ambil secukupnya of Garam.

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuko yang bercerita rasa asam, manis dan pedas. Pempek umumnya dibuat dengan daging ikan yang digiling lembut dan dicampur dengan tepung. Meski demikian, Anda juga dapat membuat pempek tanpa ikan. Nah, pada umumnya makanan ini dibuat dengan campuran ikan.

Langkah-langkah menghidangkan Pempek Tanpa Ikan:

  1. Siapkan bahan, campur tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam wadah, kemudian masukkan kaldu jamur dan garam..
  2. Daun bawang diiris tipis, kemudian masukkan ke dalam adonan tepung bersama telur..
  3. Tambahkan air panas, aduk menggunakan sendok atau centong nasi sampai tercampur rata.
  4. Setelah adonan jadi, dibentuk sesuai selera (saya bentuk panjang-panjang) kemudian rebus di air yang sudah dikasih minyak goreng. Tujuannya dikasih minyak goreng biar adonan nggak saling menempel..
  5. Angkat pempek rebus kalau sudah mengapung, kemudian tiriskan..
  6. Goreng pempek sampai kecoklatan biar dalamnya nggak mentah. Saya keburu pengen icip jadi dipotong-potong kecil sebelum digoreng..
  7. Cara bikin Kuah Cuko : rese/udang kering tadi digoreng, terus diulek sama bawang putih dan garam. Gula merah direbus dengan asam jawa, kemudian bumbu ulek dimasukkan tunggu sampai mendidih. Jangan lupa tes rasa sebelum dihidangkan..
  8. Sajikan pempek dengan kuah cuko.
Namun ada juga lho, pempek tanpa ikan yang tak kalah lezat, namanya pempek dos. Pempek tanpa ikan ini cukup mudah dibuat di rumah. Bisa juga menjadi inspirasi bisnis rumahan. Berikut ini resep pempek tanpa ikan, seperti dilansir dari haibunda.com dari buku Pempek Resep Favorit Ny. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek.

Selamat mencoba resep pempek tanpa ikan! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close