Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Curry Puff/Karipap (tanpa telur) Anti Ribet!

Coba resep curry puff/karipap (tanpa telur) sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! curry puff/karipap (tanpa telur) cocok untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap.

Curry Puff/Karipap (tanpa telur)

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan curry puff/karipap (tanpa telur) karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari curry puff/karipap (tanpa telur)! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Rasanya dah tentu lain daripada karipap biasa tapi yang pastinya rasa dia memang sedap dan rangup sama macam puff yang dijual di kedai-kedai roti. Puff pastry ni boleh dibeli di pasaraya-pasaraya seperti Aeon Big, Giant, Tesco dan lain-lain. Kalau tak jumpa puff pastry pun korang boleh gunakan prata puff yang lebih mudah didapati.

Kawan-kawan dapat memasak curry puff/karipap (tanpa telur) hanya dengan menggunakan 23 bahan dan 18 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin curry puff/karipap (tanpa telur) yuk!

Untuk menghidangkan Curry Puff/Karipap (tanpa telur), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of Bahan A :.
  2. Sediakan 160 gram of tepung serbaguna.
  3. Gunakan 40 gram of tepung kunci biru.
  4. Ambil 50 ml of minyak sayur.
  5. Dibutuhkan 100 ml of air hangat.
  6. Gunakan 1/2 sdt of garam.
  7. Sediakan 1/2 sdt of kaldu bubuk.
  8. Sediakan of Bahan B :.
  9. Ambil 100 gram of tepung kunci biru.
  10. Dibutuhkan 75 gram of margarin.
  11. Siapkan of Bahan Isian :.
  12. Sediakan 1 buah of kentang.
  13. Sediakan 1 buah of wortel.
  14. Dibutuhkan 100 gram of ayam rebus.
  15. Siapkan 1 buah of bawang bombai.
  16. Gunakan 1 siung of bawang putih.
  17. Diperlukan 2 sdm of tepung terigu.
  18. Gunakan 1/4 sdt of merica bubuk.
  19. Dibutuhkan 1/6 sdt of pala bubuk.
  20. Siapkan of Bubuk kari (saya skip).
  21. Dibutuhkan 50 ml of air.
  22. Ambil Secukupnya of garam, gula dan kaldu bubuk.
  23. Gunakan 1 butir of telur rebus, potong kecil2.

Curry puff is a popular tea-time snack in Southeast Asia. Although there are several types of puff with different filling, potato chicken curry is by far the most common. This recipe calls for Russet potato, which is larger with brown skin. Russet potatoes are starchy, light and fluffy, making them great for baking.

Langkah-langkah memasak Curry Puff/Karipap (tanpa telur):

  1. Buat bahan isian : cincang bawang putih dan bawang bombai, tumis sampai harum, kemudian masukkan ayam, ketang dan wortel, tambahkan garam dan gula, aduk2 kemudian tambahkan tepung terigu, setelah berubah warna masukkan air. Setelah air mulai menyusut tambahkan merica bubuk, pala bubuk dan kaldu bubuk, masak sampai benar2 kesat..
  2. Buat adonan kulit : campur bahan A kecuali air, tuang air hangat sedikit2 sampai adonan menggumpal dan bisa dipulung, uleni asal menyatu saja jangan diuleni seperti membuat roti supaya hasilnya tidak alot. Kemudian bagi jadi 3 bagian. Diamaan selama 10 menit supaya lebih lentur, tandanya adonan lebih berminyak. Tutup adonan dengan plastik supaya tidak mengeras..
  3. Campur bahan B/oil dough sampai bisa dipulung, adonan harus bisa dipulung, kalo masih mawur/belum bisa menyatu tambahkan margarin lagi. Adonan bahan B ini harus menyatu, kalo mawur nanti sulit menyatu dengan bahan A dan akan membuat adonan kedua lapisan mudah robek saat digilas dan dibentuk. Adonan B ini tidak perlu didiamkan, bagi sesuai banyaknya adonan A..
  4. Ambil satu adonan A pipihkan sedikit lalu letakan adonan B diatasnya kemudian bulatkan..
  5. Setelah bulat gilas dengan botol/rolling pan sampai tipis tapi jangan terlalu tipis..
  6. Gulung pelan2 dari sisi yang lebih kecil, supaya hasilnya rapi..
  7. Gilas lagi pelan2 supaya tidak robek..
  8. Kemudian gulung lagi dari sisi yang kecil ke yang lebar. Jadi cukup 2x gilas dan 2x gulung ya, kalo lihat tutorial di youtube berkali2 gilas lebih ribet😂..
  9. Seperti ini bentuk gulungannya nenyerupai obat nyamuk..
  10. Lakukan sampai semua adonan dough habis, jangan lupa selalu tutup dengan plastik supaya tidak cepat mengeras..
  11. Ambil satu gulungan dough kemudian potong jadi 5 bagian..
  12. Ambil satu potongan, pipihkan lalu beri isian dan telur rebus..
  13. Lipat dan rapatkan, kemudian plintir ujungnya seperti membentuk pastel dengan cara cubit dan lipat. Lakukan sampai semua adonan habis..
  14. Seperti ini, lapisannya sudah terlihat jelas sekali. Padahal hanya 2x gilas, tapi lapisannya cantik..
  15. Goreng di minyak panas dengan api sedang, jangan terlalu sering diaduk, kalo bisa sekali balik saja. Setelah kedua sisi mengeras dan kekuningan angkat..
  16. Tiriskan supaya minyaknya berkurang..
  17. Siap dinikmati, renyah banget😁..
  18. Terlihat lapisannya cantik😍, kalo gilasnya pelan2 lapisannya rapi..
Spiral Curry Puffs, also known as Karipap Pusing (螺旋咖喱角) are a tasty and favourite Asian snack especially in Malaysia and Singapore. They are deep-fried crescent shaped pastries filled with spicy, sweet and savoury potato filling. Because of their popularity, curry puffs are commonly found sold freshly fried at many Malay, Chinese and. A curry puff (Malay: Karipap, Epok-epok; Chinese: 咖哩角,咖哩饺; pinyin: gālí jiǎo; Thai: กะหรี่ปั๊บ, RTGS: karipap, pronounced [kā.rìː.páp]) is a snack of Malayan origin. It is a small pie consisting of curry with chicken and potatoes in a deep-fried or baked pastry shell.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat curry puff/karipap (tanpa telur) hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close