Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Memasak Mangut tahu santan Anti Gagal!

Sedang nyari resep mangut tahu santan yang paling sedap? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep mangut tahu santan terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan mangut tahu santan! Hidangan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Mangut tahu santan

Sebagian Besar orang malas mulai memasak mangut tahu santan karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut tahu santan! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dibuat tidak terasa datar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Apabila kamu sedang mengunjungi kota-kota di pesisir utara, kamu dapat mencoba makanan tradisional ini. Tambahkan santan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah, masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa, apabila sudah pas, tambahkan tomat, masak sebentar, lalu angkat dan matikan kompor.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat menghidangkan mangut tahu santan hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 2 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mangut tahu santan!

Untuk menyiapkan Mangut tahu santan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 3 tusuk of ikan manyung asap.
  2. Dibutuhkan 6 buah of tahu kres.
  3. Diperlukan of minyak untuk menumis.
  4. Siapkan Seruas of laos geprek.
  5. Dibutuhkan 1 lembar of daun salam.
  6. Gunakan 4 buah of lombok setan utuh.
  7. Diperlukan 2 lembar of daun jeruk.
  8. Siapkan 1 batang of serai geprek.
  9. Diperlukan of gula.
  10. Diperlukan of Garam.
  11. Diperlukan 1 bungkus of santan instan.
  12. Sediakan 2 gelas of air.
  13. Sediakan of Bumbu halus:.
  14. Dibutuhkan 5 siung of bawang merah.
  15. Ambil 3 siung of bawang putih.
  16. Ambil 2 buah of kemiri.
  17. Ambil 5 buah of lombok merah.
  18. Sediakan Seruas of kunyit.

Sajikan mangut ikan asap selagi hangat. Bagaimana, tidak terlalu sulit kan resep dan cara membuat mangut ikan asap ini. Ikan asap ini khas aromanya jika di masak santan. Dan nggak harus cuma ikan asap lho, macam-macam bahan bisa kita cemplungin ke kuah mangut.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut tahu santan:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ikan manyung dan tahu, air 2 gelas belimbing (sesuai selera), laos, salam, daun jeruk, serai, lombok setan utuh, tunggu mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukkan santan, garam dan gula. Tunggu sampai kuah agak mengental. Koreksi rasa dan taburi bawang goreng lalu sajikan.
Kadang aku malah kebalik, ikan asapnya cuma sedikit, yang banyak bahan lain, misal tahu atau tempe, terong, dll. Jadi ikan asapnya ini untuk nyumbang aroma dan membuat kuah makin gurih aja. KOMPAS.com - Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat mangut tahu santan hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close