Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak MANGUT IKAN PARI (IWAK PE) ISTIMEWA Anti Ribet!

Bosen dengan sajian makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep mangut ikan pari (iwak pe) istimewa ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Satu lagi hidangan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - mangut ikan pari (iwak pe) istimewa! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

MANGUT IKAN PARI (IWAK PE) ISTIMEWA

Sebagian Besar orang sudah minder duluan mangut ikan pari (iwak pe) istimewa karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan pari (iwak pe) istimewa! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa enak. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Di Jawa Tengah, hidangan Mangut paling terkenal. Kuah gurih-pedas membalut iwak Pe alias ikan Pari yang lembut. Selain ikan Pari, Sahabat juga bisa mengkreasikannya dengan ikan atau daging sesuai.

Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat menyiapkan mangut ikan pari (iwak pe) istimewa hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin mangut ikan pari (iwak pe) istimewa yuk!

Untuk memasak MANGUT IKAN PARI (IWAK PE) ISTIMEWA, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 3 butir of bawang merah.
  2. Dibutuhkan 2 butir of bawang putih.
  3. Ambil 2 butir of kemiri.
  4. Dibutuhkan secukupnya of ketumbar.
  5. Ambil 2 ruas of lengkuas.
  6. Ambil 1 batang of serai.
  7. Diperlukan 2 lembar of daun salam.
  8. Siapkan 2 lembar of daun jeruk.
  9. Sediakan secukupnya of garam, royco.
  10. Sediakan secukupnya of gula merah.
  11. Dibutuhkan secukupnya of ikan pari (bisa digoreng, dibakar atau diasap).
  12. Diperlukan 1 ruas of kunyit.
  13. Siapkan secukupnya of santan.
  14. Sediakan 1 sendok teh of gula pasir.
  15. Sediakan 4 buah of cabe.

Meskipun sederhana, ikan yang dimasak dengan santan ini punya rasa sedap yang. Mangut merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Jawa Tengah, khususnya daerah pesisir seperti Semarang dan sekitarnya. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah. bondowoso - Di Jawa Tengah ikan pe atau ikan pari asap diolah jadi mangut. Di Bondoeoso, Jawa Timur juga ada sajian ikan pari ini.

Proses menghidangkan MANGUT IKAN PARI (IWAK PE) ISTIMEWA:

  1. siapkan ikan pari (ikan pe klo di jawa), potong-potong lalu goreng/bakar/diasap sesuai selera (karena perjalanan jauh ikan pari saya goreng dulu dr jepara biar bisa awet sampai bogor), padahal menurut saya lbh enak bau ikan bakar klo dimanggut kayak gini.
  2. haluskan : bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan kunyit. lalu geprek lengkuas dan serai. potong miring cabe rawit..
  3. masukkan minyak goreng sedikit, tumis bumbu halus, cabe iris, masukkan daun salam, daun jeruk, garam, royco, gula pasir sedikit, gula jawa/gula merah sedikit. aduk-aduk sampai harum.
  4. masukkan ikan pari aduk-aduk biar menyatu sebentar, lalu masukkan santan. saya sempat tambahkan terong biar ada sayurnya..
  5. tunggu sampai bumbu meresap dan agar berkurang santannya. Koreksi rasa sesuai selera.
  6. jika sudah agak berkurang air, angkat dan sajikan. jangan lupa taburkan bawang merah goreng biar makin siiiip.... sajikan hangat. manggut ikan pari (ikan pe) dengan sensasi tulang mudanya yang kriuk2 pas dimakan dipadu santan gurihnya...nyam nyammm......
COM, SURABAYA - Mendengar nama Ikan Pari atau dikenal Iwak Pe, sudah terbayang dengan dimasak mangut Pe tau di penyetan. Mangut Ikan Pari (Iwak Pe). foto: Instagram/@reenaokta. Lihat juga resep Mangut Ikan Pari (Iwak Pe) enak lainnya. Di Malang lagi musim iwak pe atau ikan pari, terbukti di tukang sayur setiap hari ada. Beberapa hari lalu aku beli buat disambel, pagi tadi aku beli mau dimasak mangut.spesial request suami yang hobi banget masakan bersantan.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat mangut ikan pari (iwak pe) istimewa. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close