Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menyiapkan Ayam Bakar Kalasan+Tempe Bacem ala Bunda Ei Kekinian

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep ayam bakar kalasan+tempe bacem ala bunda ei ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! ayam bakar kalasan+tempe bacem ala bunda ei cocok untuk sajian sehari-hari di rumah maupun untuk sajian perayaan.

Ayam Bakar Kalasan+Tempe Bacem ala Bunda Ei

Sebagian Besar orang malas mulai memasak ayam bakar kalasan+tempe bacem ala bunda ei karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam bakar kalasan+tempe bacem ala bunda ei! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Lihat juga resep Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem enak lainnya. Sebenarnya sy sering buat ayam bakar ini entah buat konsumsi sendiri/buat nasi kotak&menu tumpeng. Cuma sy modifikasi resep ayam bakar kalasanya bunda ei dg menambahkn ketumbar, lengkuas&gula pasir, bia.

Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat membuat ayam bakar kalasan+tempe bacem ala bunda ei hanya dengan menggunakan 34 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ayam bakar kalasan+tempe bacem ala bunda ei!

Untuk memasak Ayam Bakar Kalasan+Tempe Bacem ala Bunda Ei, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of ♦ Bahan Marinasi :.
  2. Diperlukan 500 gr of ayam, potong2 (sy paha atas).
  3. Sediakan 1/2 bh of jeruk nipis.
  4. Siapkan 1 sdt of garam.
  5. Ambil of ♦ Bahan Mengungkep Ayam :.
  6. Gunakan 1 papan of tempe, potong setebal 2cm.
  7. Diperlukan 2 cm of lengkuas, memarkan.
  8. Siapkan 3 lbr of daun salam.
  9. Ambil 3 lbr of daun jeruk, buang tulang daunnya.
  10. Diperlukan 1/2 bulatan of gula merah (1,5 sdm).
  11. Ambil 2 sdt of gula pasir.
  12. Gunakan 1/2 sdt of merica bubuk.
  13. Gunakan Secukupnya of kecap manis (sesuaikan).
  14. Ambil Secukupnya of garam, kaldu bubuk rasa sapi (royco).
  15. Siapkan Secukupnya of air kelapa/air biasa.
  16. Dibutuhkan 1 bh of jeruk limau/jeruk nipis/air asam.
  17. Dibutuhkan of Minyak goreng, sck (optional).
  18. Diperlukan of ♦ Bumbu Halus :.
  19. Siapkan 5 btr of bawang merah.
  20. Dibutuhkan 3 siung of bawang putih.
  21. Ambil 1 sdt of ketumbar, sangrai.
  22. Sediakan 3 btr of kemiri, sangrai.
  23. Gunakan 1 ruas of jahe.
  24. Dibutuhkan of ♦ Bahan Sambel :.
  25. Diperlukan 1 bh of cabe merah.
  26. Dibutuhkan 1 bh of cabe merah keriting.
  27. Gunakan 5 bh of cabe rawit.
  28. Diperlukan 1 bh of tomat ceri.
  29. Sediakan 1 siung of bawang putih.
  30. Siapkan 2 siung of bawang merah.
  31. Sediakan Secukupnya of terasi.
  32. Ambil Secukupnya of garam, gula pasir dan kaldu bubuk rasa sapi.
  33. Gunakan Secukupnya of minyak gr.
  34. Siapkan Secukupnya of air.

Rasanya yang gurih dan aromatik membuat resep ayam yang satu ini selalu dinanti- nanti keluarga Sajian ayam bakar kalasan adalah hidangan ayam yang enak dan mudah untuk dibuat. Hal ini dikarenakan semua bumbu dan bahan yang digunakan untuk membuat sajian ini akan dapat anda jumpai di pasar atau supermarket terdekat. Untuk itu, yuk kita langsung simak saja seperti apa resep membuat ayam bakar kalasan yang enak dibawah ini. Sebenarnya sy sering buat ayam bakar ini entah buat konsumsi sendiri/buat nasi kotak&menu tumpeng.

Proses menyiapkan Ayam Bakar Kalasan+Tempe Bacem ala Bunda Ei:

  1. Cuci bersih ayam lalu marinate dg garam dan jeruk nipis sambil digosok2 permukaan ayam. Diamkan 15 menit. Cuci bersih kembali..
  2. Haluskan bumbu halus. Potong2 tempe setebal 2cm, kerat-keratkan..
  3. Siapkan wajan, masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, laos, gula merah, gula pasir, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, beri secukupnya air kelapa/air biasa dan kecap manis, aduk rata. Masak hingga mendidih. Kemudian masukkan ayam, tutup wajan. Masak hingga ayam 1/2 matang. Kemudian kecilkan apinya supaya bumbu meresap..
  4. Masukkan tempenya, aduk rata. Koreksi rasanya (tambahkan kecap manis, gula, garam jika perlu), tutup wajan. Masak hingga air hampir surut, peras jeruk limau/jeruk nipis/air asam, aduk rata lagi. Masak hingga air surut (sisakan sedikit airnya utk membakar). Angkat dan dinginkan..
  5. Panaskan minyak gr dg api sedang, goreng ayam dan tempenya sebentar sj 2-3menit hingga permukaan ayam sedikit gosong (sesuai selera), angkat. ♦Jangan terlalu lama menggorengnya karna ayam mengandung kecap+gula akan lengket+mudah gosong...Cukup luarnya sedikit kering/gosong spy dalamnya tetap juice👌.
  6. Atau bisa juga ayam dan tempe dibakar pake teflon kasi sedikit margarin, oles-oleskan sisa air ungkepannya. Bakar hingga sedikit gosong👌.
  7. Tumis sambel yg telah dihaluskan, beri minyak dan air pada cobek sisa sambelnya..
  8. Aduk rata, tambahkan kaldu bubuk dan gula pasir. Cicipi rasanya. Masak hingga matang dan minyak terpisah dari sambelnya..
  9. Sambel boleh dikasi perasan jeruk nipis, jika suka..
  10. Sajikan bersama sambal+lalapan 😋😋.
Tahu dan tempe juga enak lho dimasak dengan bumbu bacem ini. Ayam dan tahu / tempe yang sudah matang kemudian akan kita bakar. Lihat juga resep Ayam Bakar bumbu Garang Asam enak lainnya! Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian.. Ayam Bakar Kalasan+Tempe Bacem ala Bunda Ei.

Mudah bukan membuat ayam bakar kalasan+tempe bacem ala bunda ei? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close