Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sayur Mangut khas Rembang (iwak pe) Anti Ribet!

Ingin tau rahasia membuat sayur mangut khas rembang (iwak pe) yang enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep sayur mangut khas rembang (iwak pe) terbaik! sayur mangut khas rembang (iwak pe) pas untuk disandingkan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap dan special.

Sayur Mangut khas Rembang (iwak pe)

Sebagian Besar orang tidak berani memasak sayur mangut khas rembang (iwak pe) karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sayur mangut khas rembang (iwak pe)! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Beberapa waktu yang lalu, aku membawa beberapa potongan ikan pari asap ini ke Jogja. Sengaja memang karena aku ingin makan sayur. Mangut ikan asap.sudah menjadi hidangan sehari hari masyarakat Pantura.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menghidangkan sayur mangut khas rembang (iwak pe) hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin sayur mangut khas rembang (iwak pe) yuk!

Untuk menyiapkan Sayur Mangut khas Rembang (iwak pe), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 ons of cabe idjo iris tipis.
  2. Diperlukan of Ikan pari (iwak pe).
  3. Sediakan 1/2 papan of tempe potong dadu.
  4. Sediakan 3 siung of bawang merah iris tipis.
  5. Dibutuhkan 2 siung of bawang putih iris halus.
  6. Dibutuhkan iris of Pete (sesuka hati).
  7. Diperlukan of bumbu halus*.
  8. Siapkan 1/2 ruas of kunyit.
  9. Diperlukan 1/2 ruas of jahe.
  10. Siapkan Sejumput of merica.
  11. Siapkan 1/4 sdm of ketumbar.
  12. Diperlukan 1/2 ruas of lengkuas memarkan.
  13. Sediakan 1 lembar of daun salam.
  14. Siapkan of Garam.
  15. Siapkan of Penyedap rasa (me :royko ayam).
  16. Gunakan 1 bungkus of santan (me:kara).
  17. Gunakan of Air.
  18. Siapkan of Minyak.

Di Pati dan Juwana ada warung makan yang terkenal dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe maupun iwak manyung. Mangut adalah kuliner tradisional khas Jawa dan banyak ditemukan di kota-kota yang berada di pesisir pantai utara seperti Semarang dan sekitarnya. Di sekitar Semarang, mangut biasanya dibuat dari ikan pari asap atau biasa disebut dengan Ikan Pe atau dalam bahasa Jawa adalah Iwak Pe. Pertama kalinya bikin sayur mangut tanpa terong soalnya aku dan suami gak suka terong hihi.

Proses menyiapkan Sayur Mangut khas Rembang (iwak pe):

  1. Panaskan wajan dengan minyak untuk menumis..
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis sampai harum..
  3. Masukan cabe dan pete, pinggirkan, masukan bumbu harum. Aduk sampai rata sampai harus. Masukan santan yang sudah ditambah air. Tambah garam dan penyedap jika dirasa perlu..
  4. Aduk2, masukan ikan, tunggu sampai mendidih..
  5. Koreksi rasa. Done.
Assalamu'alaikum Minggu pagi ini saya masak masakan khas kota Semarang, Mangut Kepala Manyung. Karena stok yg ada Iwak Pe, Kepala Manyung pun saya ganti. Kebetulan suami asli Semarang, suka banget dg menu satu ini. Resep Mangut Ikan Pe, masakan khas Semarang. Ini salah satu makanan favorit ibu.

Selamat mencoba resep sayur mangut khas rembang (iwak pe)! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close