Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Balado ikan tongkol suir jeruk limau Kekinian

Coba resep balado ikan tongkol suir jeruk limau sebagai menu istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi makanan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - balado ikan tongkol suir jeruk limau! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Balado ikan tongkol suir jeruk limau

Kebanyakan orang tidak berani memasak balado ikan tongkol suir jeruk limau karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari balado ikan tongkol suir jeruk limau! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibikin terasa nikmat. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Selesai membersihkan ikan, selanjutnya kita akan kerat-kerat bagian perut ikan agar bumbu bisa meresap kedalam ikan secara merata hingga kebagian kedalam daging ikan. Selanjutnya, setelah ikan dikerat-kerat, lumuri ikan dengan air jeruk nipis secara merata dengan menggunakan tangan. Cara Membuat Pindang Tongkol Balado Spesial - Pindang yang anda ketahui selama ini adalah jenis pindang yang dibuat dari bahan dasar ikan yang utuh biasanya pindang bandeng, pindang layang dan jenis pindang lainnya.

Kalian dapat memasak balado ikan tongkol suir jeruk limau hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin balado ikan tongkol suir jeruk limau yuk!

Untuk memasak Balado ikan tongkol suir jeruk limau, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/2 kg of Ikan tongkol basah.
  2. Dibutuhkan of Cabai merah.
  3. Ambil of Tomat.
  4. Diperlukan 4 of Bawang merah.
  5. Sediakan 2 of Bawang putih.
  6. Sediakan of Garam.
  7. Sediakan of Gula.
  8. Ambil of Daun jeruk.
  9. Gunakan of Jeruk limau.

Lihat juga resep Tongkol Suwir enak lainnya. Kalau memakai ikan pindang cukup dicuci bersih lalu di suwir dagingnya, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan serai dan daun jeruk, aduk sampai bumbu matang, masukkan petai dan tongkol suwir aduk rata, bumbui garam, gula merah dan lada bubuk, aduk terus sampai bumbu meresap, masukkan air. Olahan Ikan Tongkol - Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup terkenal, rasanya yang lezat, gurih dan nikmat membuat banyak orang menyukai ikan yang satu ini.

Cara memasak Balado ikan tongkol suir jeruk limau:

  1. Cuci bersih ikan tongkol beri garam dan perasan jeruk nipis. Diamkan 5menit. Lalu cuci hingga bersih..
  2. Goreng ikan tongkol. Setelah matang suir2 ikannya dan buang tulangnya..
  3. Siapkan bumbu halusnya. Masukan cabai, bawang merah, bawang putih ke dalam blender. Masak bumbu halus lalu iris tomat. Beri garam, gula dan daun jeruk. Masak hingga matang..
  4. Lalu masukan ikan yg sudah di suir tadi. Aduk rata.. Matikan kompor lalu beri jeruk limau. Aduk hingga rata. Siap disajikan...
Apalagi ikan tongkol bisa diolah menjadi beragam jenis olahan ikan tongkol sehingga menggugah selera. Tak heran, di berbagai tempat makan dan restoran banyak sekali ditemui berbagai macam olahan dari ikan laut yang. Agar abon ikan tongkol lebih tahan lama, anda bisa memasukkan kedalam oven setelah airnya benar benar surut. Kemudian keluarkan dan tunggu sampai abon dingin lalu masukan kedalam toples kedap udara. Resep tongkol lainnya adalah tongkol balado.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat balado ikan tongkol suir jeruk limau hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close