Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut Kepala Manyung Anti Ribet!

Coba resep mangut kepala manyung sebagai hidangan istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! mangut kepala manyung, sajian mudah dan cepat untuk dimasak. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Mangut Kepala Manyung

Sebagian Besar orang tidak berani memasak mangut kepala manyung karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut kepala manyung! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibikin terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Setelah sukses dengan dua restoran di Semarang, Restoran Kepala Manyung Bu Fat membuka cabang di Jakarta tepatnya di kawasan Cempaka Putih dan Cipete. Ikan manyung merupakan salah satu jenis ikan laut. Rasa dari mangut di Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat ini adalah gurih dan pedas.

Sobat dapat membuat mangut kepala manyung hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mangut kepala manyung!

Untuk menghidangkan Mangut Kepala Manyung, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 4 bh of kepala manyung (panggang).
  2. Ambil 1/4 bh of kelapa (parut ambil santannya).
  3. Sediakan 8 bh of bawang merah.
  4. Gunakan 5 bh of bawang putih.
  5. Dibutuhkan 20 biji of cabai hijau besar.
  6. Sediakan 5 biji of cabai rawit setan.
  7. Diperlukan 1 bks of merica.
  8. Ambil 5 butir of kemiri.
  9. Ambil 1 sdt of ketumbar.
  10. Diperlukan 1 ruas of kunyit.
  11. Diperlukan 1 ruas of jahe.
  12. Dibutuhkan 1 ruas of kencur.
  13. Siapkan 1 bh of tomat.
  14. Diperlukan 5 lbr of daun jeruk.
  15. Gunakan 10 bh of petai.
  16. Diperlukan 1 bh of gula jawa sisir.
  17. Diperlukan secukupnya of Gula.
  18. Ambil secukupnya of Garan.
  19. Gunakan secukupnya of Minyak.
  20. Sediakan secukupnya of Air.

Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat jadi salah satu makanan legendaris dari Semarang. Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Bersihkan dan potong Ikan Kepala ikannya lembuut, dan itu bumbu yaaa, diolesin merata di kepala Manyung , endeeeus meresap sampai ke dalam-dalam.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Kepala Manyung:

  1. Panaskan minyak. Goreng kepala manyung. Angkat tiriskan..
  2. Siapkan bumbu ulek. 5 buah Bawang merah, 2 buah bawang putih, ketumbar, kencur, kunyit, jahe, kemiri, merica, cabai rawit (saya pakai 3 buah), gula dan garam. Ulek halus. Tambahkan trasi, dan gula jawa. Ulek kembali. Masukkan tomat yg sudsh dipotong..
  3. Potong petai sesuai selera, cabai hijau dan sisa bawang merah(3 buah) bawang putih (3buah) dan daun jeruk..
  4. Panaskan minyak, tumis cabai, bawang putih, bamet dan daun jeruk hingga harum. Kemudian masukkan bumbu halus. Tumis hingga wangi..
  5. Siapkan santan kelapa, masukkan kedalam bumbu. Tunggu sampai mendidih..
  6. Setelah mendidih masukkan kepala ikan manyung. Tunggu sampai kira kira bumbu meresap. Matikan kompor. Siap disajikan..
Jadi pas di hisep, berasa puaaaas banget ;). Aku rada cerewet soal ikan , amis dikit, langsung ga napsu :p. Nah mangut manyung ini, lebih dominan bau daging ikan yang diasapi. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Masakan dengan kuah santan dan cabe yang pedasnya nendang.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat mangut kepala manyung hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close