Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Empal Gentong Ngo Hiong yang Menggugah Selera!

Coba resep empal gentong ngo hiong sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi hidangan yang bakal membuat meja makan semakin meriah - empal gentong ngo hiong! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Empal Gentong Ngo Hiong

Pada umumnya orang malas mulai memasak empal gentong ngo hiong karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari empal gentong ngo hiong! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Uniknya, kuliner ini dimasak menggunakan gentong besar yang terbuat dari Kini Empal Gentong H. Apud memiliki tiga cabang yang tersebar di sekitar Kota Cirebon. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon.

Teman-teman dapat menyiapkan empal gentong ngo hiong hanya dengan menggunakan 27 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin empal gentong ngo hiong yuk!

Untuk menyiapkan Empal Gentong Ngo Hiong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1/2 kg of Daging Sapi Has Dalam (potong sesuai selera).
  2. Siapkan 1 buah of Jeruk Nipis.
  3. Gunakan 850 ml of Air.
  4. Dibutuhkan of Bumbu Halus.
  5. Ambil 10 siung of Bawang Merah.
  6. Ambil 6 siung of Bawang Putih.
  7. Ambil 4 butir of Kemiri (sangrai).
  8. Dibutuhkan 1 ruas jari of Jahe.
  9. Gunakan 1 ruas jari of Kunyit (bakar).
  10. Dibutuhkan 1 sdt of Merica Butiran.
  11. Siapkan of Bumbu Pelengkap.
  12. Dibutuhkan 2 bungkus of Santan Instan (Kara 65mlx2 bks).
  13. Ambil 2 batang of Serai (geprek bonggolnya).
  14. Sediakan 1 ruas jempol of Lengkuas (geprek).
  15. Diperlukan 1 ruas jari of Jahe (bakar dan geprek).
  16. Dibutuhkan 1 ruas jari of Kunyit (bakar dan geprek).
  17. Sediakan 2 lembar of Daun Salam.
  18. Sediakan 3 sdm of Bubuk Ngo Hiong.
  19. Gunakan 1 cm of Kayu Manis.
  20. Siapkan 2 butir of Cengkeh.
  21. Diperlukan 1 sdt of Garam.
  22. Ambil 1 sdm of Gula.
  23. Gunakan 1 sdt of Kaldu Sapi.
  24. Dibutuhkan of Taburan.
  25. Sediakan of Daun Bawang.
  26. Gunakan of Bubuk Cabai.
  27. Siapkan of Bawang Goreng.

Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi sebagai isiannya. Cita rasanya gurih, sementara tekstur kuahnya kental karena menggunakan santan. Empal gentong is a spicy curry-like beef soup originated from Cirebon, West Java. This soup is similar to gulai that usually cooked with firewood stove in gentong (Javanese for: clay pot).

Proses membuat Empal Gentong Ngo Hiong:

  1. Bersihkan daging has dalam, potong sesuai selera, dan lumuri dengan perasan air jeruk nipis. Siapkan air di panci, rebus daging dengan api kecil selama 15 menit.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan bumbu pelengkapnya (kecuali santan instan + bubuk Ngo Hiong).
  3. Tuang tumisan bumbu halus dan bumbu pelengkapnya ke rebusan daging. Beri santan kara dan bubuk Ngo Hiong.
  4. Koreksi rasa, jika daging dirasa sudah empuk. Angkat dan sajikan dengan beri taburan daun bawang, bawang goreng, dan bubuk cabai. Selamat Menikmati.
Ada sahabat Cooking with Sheila asli Cirebon? Pasti enggak asing sama menu saya hari ini. Empal gentong is a spicy curry-like beef soup originated from Cirebon, West Java. This soup is similar to gulai that usually cooked with firewood stove in gentong (Javanese for: clay pot). The ingredients are parts of beef meat, intestine, tripes, lungs, etc. cooked in curry-like spices in coconut milk.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat empal gentong ngo hiong. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close