Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menghidangkan Nasi Hainan Ayam Panggang Anti Gagal!

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep nasi hainan ayam panggang ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan nasi hainan ayam panggang! Sajian spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Nasi Hainan Ayam Panggang

Banyak orang sudah minder duluan nasi hainan ayam panggang karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi hainan ayam panggang! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kemarin siang kami makan di Kopi Scooter Riau Junction Bandung. Aku pesen Nasi Hainan Ayam Panggang, suami pesen Nasi Goreng Bebek Panggang, anak-anak pesen Mie Ayam Jamur dan Hakau, tapi semua pengen Nasi Hainanku πŸ˜€πŸ˜€ Dan hari ini suami rekues Nasi Hainan dari #dapurnyonyasutisna. Terakhir sajikan nasi hainam dengan ayam panggang, kaldu serta pelengkap.

Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat menyiapkan nasi hainan ayam panggang hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep nasi hainan ayam panggang!

Untuk membuat Nasi Hainan Ayam Panggang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan rebusan kuah:.
  2. Sediakan 1.200 ml of air.
  3. Sediakan 1/2 ekor of ayam kampung.
  4. Diperlukan 1 batang of daun bawang (potong kasar).
  5. Siapkan 1 batang of seledri (potong kasar).
  6. Ambil 1 sdt of garam.
  7. Dibutuhkan 1/2 sdt of gula.
  8. Dibutuhkan 1 sdt of minyak wijen.
  9. Sediakan 1/4 sdt of merica bubuk.
  10. Siapkan 1 cm of jahe (digeprek).
  11. Gunakan 3 siung of bawang putih (digeprek).
  12. Diperlukan of Bumbu marinasi ayam panggang:.
  13. Sediakan 1,5 sdm of gula merah bubuk (gula merah biasa dihaluskan jg boleh).
  14. Diperlukan 1 sdm of saus tiram.
  15. Ambil 2 sdm of madu.
  16. Ambil 1/2 sdt of bawang putih bubuk (1 siung bawang putih haluskan jg boleh).
  17. Diperlukan of Bahan nasi hainan:.
  18. Diperlukan 250 gr of beras.
  19. Dibutuhkan 1/2 cm of jahe (digeprek).
  20. Gunakan 2 siung of bawang putih (cincang halus).
  21. Sediakan 1 sdt of kecap asin.
  22. Ambil Sedikit of minyak untuk menumis.

Nah itu tadi teman-teman resep nasi hainan ayam panggang yang mudah dibuat. Nasi Hainan Ayam Panggang Ala Kongbap Udah lama suami minta di buatin Nasi Hainan.tapi aku selalu sibuk masak menu Jawa dll.jadi lupa terus. Nasi ayam hainan tidak akan lengkap tanpa saus jahe. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan menumis jahe terlebih dahulu kemudian mencampurnya dengan kaldu.

Proses menyiapkan Nasi Hainan Ayam Panggang:

  1. Rebus ayam dan semua bahan rebusan kuah sampai ayam matang dan keluar kaldunya (aku 40 menit). Apinya kecil saja supaya air tidak kering. Setelah matang angkat dan pisahkan ayam. Lalu tiriskan. Saring kuah kaldu rebusan untuk memasak nasi. Sisanya bisa untuk kuah..
  2. Campur semua bahan marinasi ayam panggang. Lalu oleskan ke seluruh permukaan ayam. Masukkan ke kulkas selama 30 menit supaya bumbu lbh menempel pada ayam..
  3. Sambil menunggu ayam di kulkas, kita siapkan nasi hainan. Panaskan minyak sedikit, lalu tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Lalu tambahkan beras dan kecap asin. Aduk rata dan tumis sekitar 5 menit. Lalu matikan api. Masak nasi dengan air kaldu rebusan ayam pada no.1. Banyak air sama seperti memasak nasi putih biasa (sesuaikan beras masing” untuk airnya)..
  4. Setelah 30 menit, keluarkan ayam dari kulkas. Lalu olesi sekali lg dengan bumbu marinasi lalu oven 200 c api atas. Kemudian balik ayamnya. Oven kembali 20 menit (sesuaikan oven masing” hingga ayam kecoklatan). Angkat. Potong sesuai selera..
  5. Nasi hainan siap disajikan bersama ayam panggang dan pelengkap seperti telur, timun, atau tomat..
Setelah itu masukkan kecap ikan dan masak sampai rata. Nasi ayam hainan Singapore pun sudah siap untuk dihidangkan dalam keadaan hangat untuk keluarga. Nasi hainan merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China. Nah kali ini kita bakal memasak nasi hainam ayam panggang spesial yang bisa kamu coba. Cuci bersih beras, masak dan masukkan semua bahan.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat nasi hainan ayam panggang. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close