Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kotok’an Iwak Pe Kekinian

Ingin tau rahasia memasak kotok’an iwak pe yang lezat? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep kotok’an iwak pe terbaik! Satu lagi sajian yang bakal membuat meja makan semakin meriah - kotok’an iwak pe! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Kotok’an Iwak Pe

Pada umumnya orang sudah minder duluan kotok’an iwak pe karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kotok’an iwak pe! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibikin terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Masukan santan lalu biarkan sampai mendidih. Kotokan Ikan Pe (iwak pe) sangat terkenal di Jawa Timur. Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah.

Teman-teman dapat memasak kotok’an iwak pe hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin kotok’an iwak pe yuk!

Untuk menyiapkan Kotok’an Iwak Pe, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil of Bahan.
  2. Siapkan 12 potong of ikan asap.
  3. Siapkan Sebungkus of Tahu.
  4. Dibutuhkan 1 ikat of kacang panjang.
  5. Gunakan 3 buah of terong.
  6. Ambil 1 bungkus of santan.
  7. Siapkan of Bumbu.
  8. Sediakan 8 bh of bawang merah.
  9. Ambil 4 bh of bawang putih.
  10. Ambil 10 bh of cabe merah.
  11. Ambil 13 bh of cabe rawit (selera).
  12. Siapkan 2 cm of kunir.
  13. Dibutuhkan 2 bh of kemiri sangrai.
  14. Diperlukan of Bahan Cemplung.
  15. Diperlukan 1 ruas of lengkuas.
  16. Sediakan 2 bh of Daun salam.
  17. Ambil 3 bh of daun jeruk.

Uniknya, kotokan ikan pe biasa diberi tambahan lombok hijau dan tempe. Kuahnya segar, gurih, dan pedasnya pas! Resep peninggalan Almarhumah ibu saya, dan memasak ini tadi saya sedikit melow, karena ingat bunda yg memang sangat gemar masakan yg beliau panggil Kotokan iwak pe Ikan Pe panggang selain digoreng buat penyetan, bisa juga disantan. Orang bilang Kotokan Pe atau sayur kotok Pe. bikinnya gini nih.

Cara menyiapkan Kotok’an Iwak Pe:

  1. Kukus sebentar ikan asap..
  2. Goreng tahu, kupas terong dan potong kacang panjang..
  3. Siapkan bumbu, kemudian haluskan..
  4. Tumis bumbu sebentar kemudian masukkan lengkuas daun salam dan daun jeruk tunggu hingga harum..
  5. Beri air sedikit lalu Masukan santan dan tunggu hingga mendidih..
  6. Masukan tahu, ikan asap tunggu sebentar lalu terong dan kacang panjang, beri air secukupnya dan masak hingga matang..
  7. Jangan lupa garam gula dan koreksi rasa..
Lihat juga resep Kotokan Iwak Pe (Ikan Pari Asap) enak lainnya. Kotokan iwak pe / mangut ikan panggangan. Sembari dirinya mengajak dan berdiskusi ringan berbagai problem yang tengah dialami internal PD Pasar Surya. Akhirnya sementara resep masuk dirumah yg ini dulu deh. Masakan khas Semarang tapi dulu sering hadir di meja makan dirumah Oma krn… Nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala dan menantang, bisa-bisa membuat Anda ketagihan.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kotok’an iwak pe. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close