Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam, tempe dan tahu bacem yang Enak Banget!

Sedang cari resep ayam, tempe dan tahu bacem yang paling enak? Tidak usah ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep ayam, tempe dan tahu bacem terbaik! ayam, tempe dan tahu bacem cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk hidangan perayaan.

Ayam, tempe dan tahu bacem

Kebanyakan orang malas mulai memasak ayam, tempe dan tahu bacem karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam, tempe dan tahu bacem! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Cara membuat sajian ini cukup mudah, tempe tahu hanya perlu direbus sampai bumbu meresap. Berikut selengkapnya resep tempe dan tahu bacem, dilansir dari SajianSedap. Lihat juga resep Tempe Tahu Bacem enak lainnya.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat menghidangkan ayam, tempe dan tahu bacem hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ayam, tempe dan tahu bacem yuk!

Untuk menghidangkan Ayam, tempe dan tahu bacem, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 6 potong of ayam kampung.
  2. Siapkan 1 papan of tempe.
  3. Diperlukan 1 buah of tahu besar.
  4. Dibutuhkan 6 sdm of kecap manis.
  5. Ambil 2 sdm of kecap asin.
  6. Dibutuhkan of Minyak goreng untuk menumis.
  7. Ambil 1 liter of air kelapa (boleh air biasa).
  8. Diperlukan of Bumbu halus.
  9. Diperlukan 1/2 sdm of asam jawa bubuk.
  10. Diperlukan 1/3 sdt of ketumbar bubuk.
  11. Diperlukan 1 sdm of garam.
  12. Sediakan 8 siung of bawang putih.
  13. Gunakan 2 buah of bawang merah india (bawang merah biasa kurleb 10).
  14. Sediakan 1/4 sdm of jintan bubuk.
  15. Siapkan 1 sdt of totole.
  16. Ambil 2 buah of kemiri sangrai.
  17. Gunakan of Bumbu cemplung.
  18. Siapkan 1 iris of laos (kurang lebih 1 ruas jari).
  19. Diperlukan 1 batang of serai.
  20. Gunakan 2 lembar of daun salam.
  21. Dibutuhkan 30 gr of gula merah.

Tempe dan Tahu Bacem - Kembali ke topik awal, tempe dan tahu juga enak untuk dibikin bacem. ini sering dilakukan oleh orang jawa tengah dan timur, karena saya orang jawa tengah maka saya kasih judul tempe dan tahu bacem khas jawa tengah. Olahan ini biasnya untuk campuran gudeg Yogyakarta, sebenrnya bukan untuk gudeg saja tapi untuk makanan sehari hari dirumah juga sering bikin ini. Resep Ayam Bacem Khas Yogyakarta, Menu Sehari-Hari yang Nikmat. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit.

Proses menyiapkan Ayam, tempe dan tahu bacem:

  1. Siapkan semua bahan, potong2 ayam, tahu dan tempe. Potong tahu dan tempe agak tebal.
  2. Blender bumbu halus (boleh tambahkan sedikit air agar lebih gampang hancur) lalu tumis hingga wangi. Masukkan bumbu cemplung. Aduk2 sampai wangi dan agak kering..
  3. Setelah bumbu mengering, tambahkan gula merah, kecap manis dan kecap asin. Tumis sebentar hingga bahan tercampur rata..
  4. Tambahkan air, biarkan sampai mendidih..
  5. Masukkan ayam. Tunggu hingga ayam setengah matang..
  6. Tambahkan tahu dan tempe, aduk2 agar tahu dan tempe terendam dibumbu. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong. Setelah kering, angkat. Goreng dan sajikan..
Selain tempe dan tahu, ayam adalah pilihan paling tepat untuk dibacem. Yuk, simak resep ayam bacem berikut ini! Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke.

Mudah bukan membuat ayam, tempe dan tahu bacem? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close