Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Empek empek dos Kekinian

Coba resep empek empek dos sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! empek empek dos adalah salah satu menu makanan yang paling disukai. Yuk, saatnya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Empek empek dos

Banyak orang sudah menyerah duluan empek empek dos karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari empek empek dos! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Beserta resep yang teruji handal dan. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Here is how you cook it.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat menghidangkan empek empek dos hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep empek empek dos!

Untuk menyiapkan Empek empek dos, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil of Bahan biang.
  2. Siapkan 200 gr of tep terigu biasa.
  3. Dibutuhkan 1 sdm of gula pasir.
  4. Dibutuhkan 1 sdm of garam.
  5. Ambil 400 ml of air.
  6. Dibutuhkan of Bahan adonan.
  7. Sediakan 3 siung of bawang putih (haluskan).
  8. Dibutuhkan 2 butir of telur (kocok lepas).
  9. Dibutuhkan 400 gr of tep tapioka.
  10. Diperlukan of Cuko.
  11. Gunakan 5 siung of bawang putih (haluskan).
  12. Dibutuhkan 7 biji of cabe rawit (haluskan) (krn tdk suka pedas).
  13. Ambil 2 ujung jari of asam jawa (diresep asli jeruk nipis).
  14. Siapkan 250 gr of gula merah (iris halus).
  15. Dibutuhkan 2 sdm of cuka.
  16. Sediakan Secukupnya of garam n gula pasir.
  17. Sediakan 500 ml of air.
  18. Dibutuhkan of Telur 1 butir kocok lepas ut isian empek kapal selam.
  19. Gunakan of Bahan tambahan.
  20. Diperlukan 1 buah of timun iris cacah.
  21. Gunakan 3 bks of mei instan (rebus n tiriskan).

Ingredients of Pempek Dos (Tapioka) It's of Bahan biang. Resep Empek Empek Dos Yang Enak - Membuat makanan khas Palembang memang sangat mengasikkan, apalagi itu adalah pempek, hmm pempek atau yang biasa disebut dengan empek empek memang menjadi primadona tersendiri dalam kuliner di Indonesia. Ada banyak sekali jenis cara membuat empek empek khas Palembang itu, ada yang memakai pempek kapal selam, pempek ikan tenggiri, pempek lenjer dan lain-lain. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek.

Cara menyiapkan Empek empek dos:

  1. Campur semua bahan biang aduk rata dg wish sampai tdk bergerindil kmd masak di atas api kecil sampai berubah warna n lengket menggumpal kmd sisihkan hingga dingin.
  2. Setelah bahan biang dingin masukan kocokan telur dan bawang putih halus uleni sampai tercampur rata dg tangan kmd masukan tepung tapioka sedikit sedikit sambil diuleni sampai kalis (at bisa dibentuk) setelah itu bentuk sesuai selera kita sy buat empek kapal selam 7, lenjer 7,pentol 7, gepeng 7.
  3. Ut buat empek kapal selam.. Siapkan telur 1 butir kocok lepas sisihkan Ambil adonan secukupnya kmd bentuk seperti mangkok masukan kocokan telur secukupnya dan katupkan pinggir adonan mangkok supaya tertutup rapat.. Pastikan adonan tdk bocor ya.
  4. Sambil membuat empek kapal Selam harus sudah disiapkan rebusan air + minyak goreng 3 sdm bila sudah mendidih langsung masukan empek kapal selam.. Supaya tdk sampai bocor isiannya.. Biarkan sampai terapung sampai 5 menit kmd angkat n tiriskan lakukan demikian ut adonan empek yg lain...
  5. Bila ingin di santap bisa di goreng dg api sedang ya.. Supaya tdk gosong seperti punyaku yg pertama goreng.
  6. Membuat cukonya... Campur semua bahan cuko kecuali cuka... Rebus sambil di aduk rata sampai mendidih biarkan 5 menit sampai gula merahnya terasa matang dan tes rasa... setelah matang angkat.. dan saring kmd tambahkan cuka...
  7. Hidangkan dg tambahan irisan timun dan mie rebus.
Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek - empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Resep Pempek Dos Ny Liem (TANPA IKAN).

Selamat mencoba resep empek empek dos! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close