Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Membuat Pesmol Ikan (Bumbu Kuning) yang Menggugah Selera!

Coba resep pesmol ikan (bumbu kuning) sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! pesmol ikan (bumbu kuning), hidangan mudah dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Pesmol Ikan (Bumbu Kuning)

Kebanyakan orang malas mulai memasak pesmol ikan (bumbu kuning) karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pesmol ikan (bumbu kuning)! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Pada resep kali ini, ikan nila akan diolah dengan bumbu pesmol. Bumbu berwarna kuning ini terbuat dari bumbu rempah seperti kemiri, kunyit, jahe, dan bawang merah, dengan perpaduan cita rasa asam, gurih dan pedas. Ikan Nila adalah salah satu ikan air tawar favorit keluarga mamak.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat membuat pesmol ikan (bumbu kuning) hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin pesmol ikan (bumbu kuning) yuk!

Untuk menyiapkan Pesmol Ikan (Bumbu Kuning), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1 kg of ikan patin/wader/tagih.
  2. Gunakan 2 lembar of daun salam.
  3. Gunakan 5 lembar of daun jeruk purut.
  4. Diperlukan 1 batang of serai, geprek.
  5. Ambil 1 siung of jahe, geprek.
  6. Siapkan 3 cm of lengkuas, geprek.
  7. Gunakan of Bumbu Halus:.
  8. Siapkan 10 siung of bawang merah.
  9. Ambil 5 siung of bawang putih.
  10. Ambil 1/2 sdt of kunyit bubuk.
  11. Gunakan 3 butir of kemiri, sangrai dulu.
  12. Dibutuhkan 1/2 sdt of ketumbar bubuk.
  13. Ambil of Bumbu Lain:.
  14. Diperlukan 1/2 sdt of garam.
  15. Ambil 1 sdm of gula pasir.
  16. Sediakan 1/2 sdt of penyedap rasa (kaldi jamur).
  17. Diperlukan of Pelengkap:.
  18. Ambil 7 buah of cabe rawit.
  19. Siapkan 1 buah of tomat, potong-potong.
  20. Dibutuhkan 1 batang of daun bawang.

Biasanya kalo masak cuma di goreng doang trs bikin sambel korek. Berhubung pngn makan yg sedikit berkuah terus ada sayurannya juga, akhirnya si Ikan Nila mamak olah jadi Pesmol Ikan Nila atau Acar Bumbu Kuning. Resep Ikan Mas Pesmol Bumbu Kuning Enak - Jika membicarakan bahan makanan yang memiliki gizi tinggi, ikan pasti termasuk di dalamnya. Hewan yang hidup di air ini mengandung protein, lemak sehat, vitamin, serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Proses membuat Pesmol Ikan (Bumbu Kuning):

  1. Marinasi ikan dengan jeruk nipis selama 30 menit. Goreng dengan minyak yang banyak dan panas. Sebelum memasukkan ikan ke penggorengan, taburi minyak dengan tepung terigu supaya tidak nyiprat2 minyaknya yaaa....
  2. Siapkan bumbi halus, lalu tumis bersama lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk, dan serei. Tumis hingga wangi dan layu..
  3. Tambahkan 100 ml air matang. Masukkan garam, penyedap rasa, dan gula pasir. Aduh hingga rata..
  4. Masukkan ikan goreng. Aduk perlahan hingga matang. Masukkan tomat dan cabe rawiy, aduk. Matikan api..
  5. Pesmol Ikan siap disajikan. Selamat menco yaaa.
Resep Pesmol Ikan Mas Lengkap Dengan Cara Membuatnya. Sajian sedap dengan bahan dasar ikan mas yaitu Ikan Mas Pesmol. Mudah sekali dibuat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun sederhana. Bumbu-bumbunya banyak menggunakan rempah-rempah yang menambah kenikmatannya. Sekilas hidangan ini terlihat mirip ikan bandeng bumbu kuning.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat pesmol ikan (bumbu kuning). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close