Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Balado kentang crispy Anti Gagal!

Ingin tau rahasia memasak balado kentang crispy yang nikmat? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep balado kentang crispy terbaik! Makanan balado kentang crispy ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Balado kentang crispy

Kebanyakan orang takut mulai memasak balado kentang crispy karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari balado kentang crispy! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Namun, dari sekian banyaknya pilihan menu makanan di hari raya, balado kentang adalah menu wajib. Resep cara membuat kentang balado, salah satu menu andalan di setiap warteg. Tidak hanya karena rasanya enak, tapi tampilan juga menarik.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat menyiapkan balado kentang crispy hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep balado kentang crispy!

Untuk membuat Balado kentang crispy, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 500 gr of kentang.
  2. Siapkan of bumbu halus.
  3. Diperlukan 25 of cabe merah.
  4. Siapkan 25 of cabe rawit.
  5. Siapkan 5 of Bawang merah.
  6. Ambil 5 of Bawang putih.
  7. Sediakan 3 cm of jahe(kalo mau).
  8. Diperlukan 2 cm of asem jawa.
  9. Siapkan 150-200 gr of Gula merah (iris halus).
  10. Sediakan of tambahan.
  11. Dibutuhkan 5 of daun jeruk.
  12. Diperlukan 1 bks of masako ayam.
  13. Dibutuhkan of ¹/² sdt micin.
  14. Diperlukan 1 sdt of gula.
  15. Diperlukan of ¹/² botol cuka makan.

Bikin masakan ini juga sangat sederhana dengan bahan-bahan yang mudah di dapat. Selain itu, umbi kentang merupakan sumber karbohidrat dengan vitamin mineral yang tinggi. Salah satu makanan yang biasanya menggunakan kentang ini adalah balado kentang crispy. Ada yang menggunakan sejumput tepung untuk mendapatkan kerenyahan yang tahan lama.

Proses menghidangkan Balado kentang crispy:

  1. Kupas kentang lalu cuci, Iris kentang tipis2 saya sih pake pisau karna hasil lebih tipis rata.
  2. Lalu rendam menggunakan air sampe kentang tenggelam, masukan cuka makan setengah botol, aduk hingga rata, diamkan 2-3 jam.
  3. Setelah 2/3jam goreng kentang sampe terendam minyak ya dan minyak harus bener2 panas baru dimasukin kentang, saya sih pake priuk supaya bener2 terendam rata.
  4. Goreng hingga menguning, ini gak gosong ya, efek kamera aja, dan kriuk2 enak bgt dbuat kripik gitu aja hihihihi.
  5. Giling smua bumbu halus lalu tumis hingga wangi dan bener2 mateng jgn dikasih air ya harus bener2 kering kalo basah awalnya aja kriuk setelah itu melempem, jd harus bnr2 kering ya, next masukan smua bumbu penyedap,Gula merah,daun keruk, asem, masako, gula, micin, jika sdh matang dan kering matikan, biarkan sambelnya dingin, jika sudah dingin masukan kentangnya.
  6. Setelah dimasukan kentangnya aduk hingga rata, siap dinikmati jd bahan cemilan bisa, untuk lauk juga bisa πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹.
Ada pula yang menggunakan lemak beku untuk menambah aroma fast food. Juga disertakan resep saus ala resto cepat saji yang terkenal dengan saus kejunya itu. Kupas kentang, potong ukuran dada dan cucui bersih atau menjadi setengah matang. Masukkan potongan ati sapi serta kentang, aduklah sampai merata; Masukkan santan, tambahkan juga gula, garam dan penyedap rasa. Koreksi rasa, jika sudah pas maka sudah siap disajikan.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat balado kentang crispy. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close