Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Jangan Santan Iwak Pe dan Tempe yang Bikin Ngiler!

Lagi cari resep jangan santan iwak pe dan tempe yang paling lezat? Tidak usah ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep jangan santan iwak pe dan tempe terbaik! Hadirkan jangan santan iwak pe dan tempe untuk agenda masak akhir pekan ini. Hidangan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Jangan Santan Iwak Pe dan Tempe

Banyak orang malas mulai memasak jangan santan iwak pe dan tempe karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari jangan santan iwak pe dan tempe! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Masak sampai matang dan bumbu meresap. Jika sudah matang, angkat iwak pe dan tuang kedalam wadah. Dan iwak pe kuah santan pedas pun siap untuk disantap.

Kalian dapat menyiapkan jangan santan iwak pe dan tempe hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep jangan santan iwak pe dan tempe!

Untuk menyiapkan Jangan Santan Iwak Pe dan Tempe, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/2 kg of iwak Pe (ikan pari asap). Cuci bersih. Potong serasi.
  2. Gunakan 1 papan of tempe ukuran kecil, potong dadu, kukus sebentar 15mnt.
  3. Sediakan of Bumbu halus:.
  4. Diperlukan 9 siung of bawang merah.
  5. Dibutuhkan 4 siung of bawang putih.
  6. Ambil 2 bh of kemiri.
  7. Diperlukan of Bahan lainnya:.
  8. Siapkan 5 bh of cabe keriting merah (resep asli 100gr cabe merah dihaluskan).
  9. Diperlukan 5 bh of cabe keriting hijau, iris serong (tambahan dari saya).
  10. Ambil 1 btg of daun bawang, potong pendek.
  11. Diperlukan 1 ltr of santan kekentalan sedang.
  12. Diperlukan 1-2 sdt of garam (tingkat keasinan sesuai selera).
  13. Ambil 1 sdm of gula merah yang sudah diiris.
  14. Siapkan 1 sdm of kaldu jamur (tambahan dari saya).
  15. Ambil 3 sdm of minyak untuk menumis.

Itu tadi resep iwak pe kuah santan pedas. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Setelah mendidih masukan iwak pe dan tahu dan pete. Setelah hampir masak masukkan potongan tomat hijau.

Langkah-langkah menghidangkan Jangan Santan Iwak Pe dan Tempe:

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus, sisihkan dahulu. Kemudian iris halus bawang merah, iris serong cabe cabean, dan potong pendek daun bawang. Sisihkan dahulu..
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah sampai layu dan harum. Masukkan bumbu halus. Tumis sampai bumbu harum dan matang..
  3. Masukkan iwak pe, tempe dan cabe, aduk rata pelan pelan supaya ikan tidak hancur. Tuang santan. Masak sampai mendidih sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
  4. Tambahkan garam, gula merah dan kaldu jamur. Aduk rata dan cek rasa sampai pas. Masak sampai bumbu meresap dan air sedikit surut. Menjelang diangkat, masukkan potongan daun bawang, aduk sebentar. Matikan api. Angkat. Sajikan..
Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Tambahkan santan kemudian masukkan irisan tahu. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Cicipi, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Tuangkan santan encer bersama ikan pari asap dan tempe/ tahu.

Mudah bukan membuat jangan santan iwak pe dan tempe? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close