Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ngohiong ikan Anti Ribet!

Coba resep ngohiong ikan sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi hidangan yang bakal membuat meja makan semakin meriah - ngohiong ikan! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Ngohiong ikan

Sebagian Besar orang malas mulai memasak ngohiong ikan karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ngohiong ikan! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibikin tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Terkadang Ngohiong juga disebut juga dengan nama kekian, meskipun sebenarnya ngohiong dan kekian adalah dua masakan berbeda karena ngohiong dibungkus menggunakan kembang tahu sementara. Ngohiong atau Gohiong adalah masakan Chinesee adonannya seperti otak-otak atau bakso, tetapi karena digulung dengan kulit tahu, maka sangat renyah ketika digoreng. Lihat juga resep Ayam Goreng Ngohiong Krispi enak lainnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat menyiapkan ngohiong ikan hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ngohiong ikan!

Untuk memasak Ngohiong ikan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 250 gr of ikan tenggiri giling.
  2. Diperlukan of bahan isi :.
  3. Sediakan 5 btr of baput.
  4. Ambil 5 btr of bamer.
  5. Gunakan 2 btr of telur.
  6. Gunakan 1 btg of wortel potong korek api.
  7. Ambil 1 btg of daun bawang (me: skip).
  8. Diperlukan 3 sdm of tepung terigu.
  9. Ambil 2 sdm of tepung tapioka.
  10. Sediakan 1 sdt of ngohiong bubuk.
  11. Sediakan 2 sdm of saos tiram.
  12. Sediakan 1 sdm of minyak wijen.
  13. Ambil secukupnya of garam, gula, kaldu bubuk, lada bubuk.
  14. Gunakan 1 lembar of kulit tahu utk membungkus, potong sesuai selera (lap dengan kain bersih).

Ngo hiang (Chinese: 五香; Pe̍h-ōe-jΔ«: ngΓ³͘-hiang), also known as heh gerng (Chinese: 蝦卷; Pe̍h-ōe-jΔ«: hΓͺ-kΗΉg) or lor bak (Chinese: 五香滷肉; Pe̍h-ōe-jΔ«: ngΓ³͘-hiong-lΓ³͘-bah) is a unique Hokkien and Teochew dish widely adopted in Indonesia, Malaysia, the Philippines (where it is known as kikiam, Tagalog pronunciation: [ˈkΙͺΚ”kjam]), Singapore, and Thailand; in addition. Ngohiong yang populer dengan sebutan 'five spice powder' merupakan perpaduan rasa dari lima bumbu yang dicampur jadi satu. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, angkat. Campur bersama udang cincang, ayam cincang, tepung kanji, saus tiram, bumbu ngohiong, garam, gula, dan merica bubuk, aduk rata.

Cara menghidangkan Ngohiong ikan:

  1. Panaskan kukusan dahulu. Campur ikan tenggiri giling dengan bahan isi. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk dan lada bubuk..
  2. Jika sudah dicampur semua, ambil potongan kulit tahu, isi dengan bahan isian tadi, bungkus seperti membungkus lumpia(tidak perlu di lem dengan air atw telur, krn akan menyatu sendiri saat dikukus)..
  3. Kukus selama +- 30 mnt, jgn lupa tutup kukusan dialasin kain biar air tidak menetes ke ngohiong. Alas kukusan dioles sedikit minyak goreng agar ngohiong tidak lengket. Atur jarak..
  4. Jika sdh matang, matikan api lalu dinginkan sebentar. Bisa lgsg dimakan atw digoreng. Jika ingin digoreng, potong2 dulu biar kulit ny tidak pecah..
Gorengan yang satu ini mirip dengan sosis ikan, karena dibuat dari seafood giling dan ayam. Kadang disebut juga dengan nama kekian, meskipun sebenarnya ngohiong dan kekian adalah dua masakan berbeda. Ngohiong dibungkus dengan kembang tahu, sementara kekian tidak. Ngohiong juga menggunakan five spice yang di Indonesia sering disebut bumbu ngohiong. Salah satunya yaitu ngohiong ayam udang.

Mudah bukan membuat ngohiong ikan? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close