Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Ungkep Untuk Pemula!

Coba resep ayam bakar bumbu ungkep sebagai menu istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! ayam bakar bumbu ungkep, makanan gampang dan cepat untuk dibuat. Pas untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Ayam Bakar Bumbu Ungkep

Banyak orang tidak berani memasak ayam bakar bumbu ungkep karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bakar bumbu ungkep! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Ayam bakar ungkep bumbu kecap siap dihidangkan. Memasak dengan senang hati disertai senyuman akan berdampak baik pada masakan kita & memasak adalah kegiatan yang sangat menyenangkan jika kita telah mengetahui kuncinya 😍😘 Ayam Ungkep Bumbu Kecap (bakar/goreng) Ini menu sederhana yg tidak pernah gagal untuk disajikan. Teknik ungkep ini adalah teknik memasak dengan api kecil hingga sedang supaya bumbu-bumbu meresap dengan sempurna.

Cara membuatnya pun tidak susah, kalian dapat menghidangkan ayam bakar bumbu ungkep hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ayam bakar bumbu ungkep!

Untuk menyiapkan Ayam Bakar Bumbu Ungkep, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 3 kg of ayam.
  2. Siapkan of Bumbu ungkep :.
  3. Siapkan 1 sdt of ketumbar.
  4. Sediakan 1/4 sdt of merica.
  5. Diperlukan 7 siung of bawang merah.
  6. Siapkan 4 siung of bawang putih.
  7. Diperlukan 2 cm of kunyit.
  8. Ambil 2 cm of jahe.
  9. Diperlukan secukupnya of garam.
  10. Sediakan 1 sachet of Royco.
  11. Siapkan 4 gelas of air.
  12. Siapkan 3 sdm of minyak goreng.
  13. Siapkan 3 lembar of daun salam.
  14. Siapkan 1 ruas of serai.
  15. Dibutuhkan of Sambal cocol :.
  16. Dibutuhkan 5 sdm of kecap.
  17. Dibutuhkan 2 buah of tomat.
  18. Dibutuhkan 10 buah of cabe rawit (untuk yang suka pedas).
  19. Dibutuhkan 3 siung of bawang merah.
  20. Ambil sedikit of perasan jeruk nipis.
  21. Sediakan secukupnya of garam.
  22. Dibutuhkan secukupnya of gula.

Pantas ayam ungkep goreng ini sangat nikmat hingga ke tulang-tulang, ya. Dagingnya yang gurih, wanginya yang semerbak, serta kenikmatan bumbunya saat dicampur nasi menjadi alasan kenapa ayam ungkep ini menjadi menu favorit yang. Ungkep bumbu memang penting, tapi proses ini akan menghasilkan ayam yang lebih enak bila memakai aneka bumbu. Biasanya, ayam bakar yang simple memakai bumbu kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang butih, gula, dan garam.

Cara membuat Ayam Bakar Bumbu Ungkep:

  1. Bersihkan ayam, pilih bagian dada, paha, lengan..
  2. Haluskan bumbu ungkep kecuali daun salam, Royco, dan serai. Siapkan dan panaskan wadah untuk merebus/ungkep, tambahkan minyak goreng, tumis bumbu halus sebentar lalu tambahkan serai, daun salam, royco dan air. Masukkan ayam. Aduk sebentar agar tercampur. Tutup..
  3. Sembari menunggu ayam diungkep, buat sambal cocolan, iris kecil cabe, bawang merah, dan tomat lalu masukkan dalam mangkuk kecil, tambahkan garam, gula, dan perasan jeruk nipis, aduk hingga keluar air lalu tambahkan kecap, aduk merata..
  4. Jika bumbu ungkep kira-kira tinggal satu gelas, matikan api. Siapkan untuk bakar/panggangan ayam..
  5. Bumbu olesan bisa dari sisa bumbu ungkep ditambah dengan garam dan kecap. Panggang ayam dg olesan tadi hingga matang sampai habis..
  6. Ayam bakar siap disajikan dengan nasi hangat. Nyummyyy... 😋😘.
Namun tak ada salahnya menambahkan bumbu lain seperti madu dan kecap untuk manis, serta lada, jahe dan cabai jika suka pedas. Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning (stok tinggal goreng). Aduk hingga mendidih, kemudian masukkan ayam. Ungkep hingga ayam empuk dan air menyusut. Panaskan alat pemanggang, kemudian olesi dengan minyak goreng.

Mudah bukan membuat ayam bakar bumbu ungkep? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close