Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut ikan asap kuah kuning yang Sempurna!

Ingin membuat mangut ikan asap kuah kuning yang enak? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep mangut ikan asap kuah kuning terbaik! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan mangut ikan asap kuah kuning! Makanan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Mangut ikan asap kuah kuning

Pada umumnya orang takut mulai memasak mangut ikan asap kuah kuning karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap kuah kuning! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa - Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Lihat juga resep Pare & Ikan Asap (Kuah Santan) enak lainnya. Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya.

Kawan-kawan dapat membuat mangut ikan asap kuah kuning hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep mangut ikan asap kuah kuning!

Untuk membuat Mangut ikan asap kuah kuning, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 3 tusuk of ikan asap.
  2. Sediakan 4 buah of tahu.
  3. Gunakan 2 lembar of daun salam.
  4. Gunakan 1 lembar of daun jeruk.
  5. Ambil 1 ruas of jahe geprek.
  6. Dibutuhkan 1 ruas of lengkuas geprek.
  7. Sediakan 1 bks of santan instan.
  8. Gunakan of Bumbu Halus.
  9. Diperlukan 1 ruas of kunyit.
  10. Ambil 5 butir of bawang merah.
  11. Diperlukan 3 butir of bawang putih.
  12. Sediakan 2 of kemiri.
  13. Gunakan 5 butir of cabe rawit.
  14. Diperlukan 1 sdt of garam.
  15. Sediakan 1/2 sdt of gula pasir.
  16. Diperlukan 1/4 of penyedap rasa.
  17. Sediakan 1/4 of lada bubuk.

Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Mangut biasanya terbuat dari ikan pari asap atau biasa disebut ikan pe dan diberi kuah santan yang dipadukan dengan bermacam bumbu rempah.

Cara memasak Mangut ikan asap kuah kuning:

  1. Rebus air sampai mendidih, sambil nunggu potong dadu tahu nya, lalu uleg semua bahan bumbu halus..
  2. Goreng ikan asap, angkat tiriskan..
  3. Tumis bumbu halus sampai harum. Stelah itu masukkan tumisan bumbu ke air mendidih..
  4. Masukkan santan, sambil aduk trs biar tdk menggumpal santanya. kemudian masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe. lalu masukkan tahu dan ikan asapnya. Terakhir tes rasa tunggu masak sampai mendidih, hingga siap dihidangkan 😍 Happy Cooking 😍.
Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair. Resep Ikan Kuah Kuning Gurih - Ikan merupakan lauk-pauk yang sangat familiar dikalangan kita terutama di daerah pesisir. Memasak Ikan dengan Mudah biasanya kita tinggal membersihkan ikan lalu menggorengnya. Sama seperti Cara Memasak Ayam yang mudah adalah menggoreng. Bagi beberapa orang menggoreng adalah cara biasa dan membosankan.

Mudah bukan membuat mangut ikan asap kuah kuning? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close