Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sayur santan daun singkong Untuk Pemula!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep sayur santan daun singkong ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! sayur santan daun singkong cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk hidangan pesta.

Sayur santan daun singkong

Kebanyakan orang malas mulai memasak sayur santan daun singkong karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur santan daun singkong! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Sayur daun singkong santan Memang betul, sayur daun singkong identik dengan santan. Sehingga banyak orang yang sedang mengurangi konsumsi santan memilih menghindari sayur singkong. Tapi sebenarnya bisa juga menikmati sayur singkong tanpa santan.

Sobat dapat membuat sayur santan daun singkong hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sayur santan daun singkong!

Untuk menghidangkan Sayur santan daun singkong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 3 ikat of daun singkong(diambil daun mudanya saja).
  2. Sediakan of Santan instan.
  3. Gunakan 3 ruas of kunyit.
  4. Dibutuhkan 1 sendok makan of ketumbar.
  5. Diperlukan 1/2 sendok makan of biji merica.
  6. Siapkan 2 of kemiri.
  7. Siapkan 4 siung of bawang putih.
  8. Siapkan 6 siung of bawang merah.
  9. Diperlukan 4 of Daun jeruk.
  10. Ambil 2 of daun salam.
  11. Siapkan 2 helai of sereh.
  12. Dibutuhkan of Gula.
  13. Siapkan of Garam.
  14. Dibutuhkan of Kaldu bubuk.

Coba, deh, resep yang satu ini. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut.

Proses memasak Sayur santan daun singkong:

  1. Rebus daun singkong sampe empuk, peras dan sisihkan.
  2. Ulek bumbu seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, ketumbar,kemiri,merica..
  3. Tumis bumbu yg sudah di haluskan sampe harum. Tambahkan sereh dan lengkuas yg sudah di geprek, tambahkan daun jeruk dan daun salam..
  4. Tambahkan air -+ 500 ml, tambahkan santan instan, aduk sampe mendidih.
  5. Tambahkan daun singkong, (sebelum di tambahkan potong sesuai selera biar agak ringkas). Tambahkan gula garam dan kaldu bubuk. Cek rasa. Tunggu matang sajikan..
Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah.

Mudah bukan membuat sayur santan daun singkong? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close