Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sayur Santan Daun Singkong Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia membuat sayur santan daun singkong yang lezat? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep sayur santan daun singkong terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan sayur santan daun singkong! Sajian spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Sayur Santan Daun Singkong

Banyak orang tidak berani memasak sayur santan daun singkong karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sayur santan daun singkong! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dibikin tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Sayur daun singkong santan Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Memang betul, sayur daun singkong identik dengan santan.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat membuat sayur santan daun singkong hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sayur santan daun singkong!

Untuk memasak Sayur Santan Daun Singkong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 ikat of Daun singkong.
  2. Siapkan 250 ml of santan cair.
  3. Sediakan 700 ml of air.
  4. Ambil 1 buah of sere geprek.
  5. Ambil 2 sdm of gula.
  6. Sediakan 1 sdt of garam.
  7. Ambil 1 sdt of penyedap.
  8. Dibutuhkan of Bumbu Halus.
  9. Dibutuhkan 4 siung of bawang merah.
  10. Diperlukan 4 siung of bawang putih.
  11. Diperlukan 1 ruas of kencur.
  12. Diperlukan 1 ruas of kunyit.
  13. Gunakan 2 buah of cabe kriting.
  14. Ambil 2 sdt of ketumbar.
  15. Gunakan 2 buah of daun jeruk.

Sehingga banyak orang yang sedang mengurangi konsumsi santan memilih menghindari sayur singkong. Tapi sebenarnya bisa juga menikmati sayur singkong tanpa santan. Coba, deh, resep yang satu ini. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.

Cara menyiapkan Sayur Santan Daun Singkong:

  1. Cuci bersih daun singkong kemudian rebus daun singkong hingga layu dan dinginkan (tips : ketika merebus tamburkan sedikit garam agar warna hijaunya tidak pudar).
  2. Setelah daun singkong sudah dingin. lalu peras untuk mengurangi kadar airnya kemudian dipotong-potong.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan Sere dan tumis hingga matang dan harum.
  4. Siapkan panci yang telah diberi air dan campurkan bumbu tumis tadi dan juga masukan santan cair. aduk hingga rata.
  5. Ketika sudah mulai mendidih masukan potongan daun singkong, garam gula dan penyedap.
  6. Tunggu hingga mendidih dan sajikan :D Selamat mencoba.
Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah.

Selamat mencoba resep sayur santan daun singkong! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close