Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Memasak Pempek lenjer Khas Palembang Anti Gagal!

Coba resep pempek lenjer khas palembang sebagai menu istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hidangan pempek lenjer khas palembang ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Pempek lenjer Khas Palembang

Sebagian Besar orang tidak berani memasak pempek lenjer khas palembang karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek lenjer khas palembang! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Pempek Palembang Online Paling Enak Di SINI Lah Tempatnya. Pesan Kue Palembang Wikipedia Indonesia, pempek atau empek empek / mpek mpek adalah makanan khas Palembang yang dibuat dari bahan dasar daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji. Yang kemudian di bumbui bawang putih halus, penyedap rasa, garam, dan diberi tambahan telur sebagai pengikat adonannya.

Kalian dapat menghidangkan pempek lenjer khas palembang hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 11 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin pempek lenjer khas palembang yuk!

Untuk menyiapkan Pempek lenjer Khas Palembang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 500 gram of ikan tenggiri giling.
  2. Dibutuhkan 300 gram of sagu.
  3. Diperlukan 200 ml of air.
  4. Dibutuhkan 2 sdt of garam.
  5. Siapkan 1 butir of telur utuh.
  6. Ambil 1/5 sdt of Lada bubuk.

Merupakan sebuah toko pempek yang melayani penjualan oleh-oleh khas Palembang. Lihat juga resep Pempek Lenjer Ikan Khas Palembang enak lainnya. Bagi pencinta pempek, lenjer adalah pempek yang selalu ada di kulkas mereka. Karena praktis dalam penyajian, maka banyak pencinta makanan khas Palembang yang memiliki stok lenjer besar atau lenjer gede.

Langkah-langkah menghidangkan Pempek lenjer Khas Palembang:

  1. Siapkan ikan tenggiri giling di dalam baskom.
  2. Masukkan lada, garam dan air, lalu aduk secara perlahan sampai tercampur rata.
  3. Selanjutnya masukkan telur, lalu aduk lagi.
  4. Selanjutnya masukkan sagu, lalu aduk lagi sampai tercampur rata.
  5. Adonan siap di bentuk.
  6. Tips: setelah adonan jadi, tangannya di bersihkan dulu ya, lalu taburi sedikit sagu ketangan dan di papan gilas agar saat proses membentuk pempek tidak terlalu banyak adonan yang akan menempel.
  7. Tips: menurutku proses membentuk pempek lenjer itu susah-susah gampang karena harus cepat. Maksudnya, setelah tangan dan papan gilas sudah di taburi sagu kalian ambil 2 sendok adonan, di buat bulatan lalu di giling memanjang. Nah selama proses menggiling jangan terlalu lama dan jangan membuat adonan terlalu lama berada di tangan, hal itu akan membuat adonan malah lengket di tangan dan di papan gilas.
  8. Tips: Ini takaran by me ya teman, kalo kalian tambahkan sagu, jumlah pempek yang didapat akan lebih banyak akan tetapi hasilnya akan lebih kejal. Jika takaran sagunya di kurangi maka hasil pempeknya kemungkinan akan menjadi lembek.
  9. Tips: untuk membuat adonan pempek biasanya aku menggunakan tangan, tapi kalo kalian ada blender khusus daging dan ngak mau tangan bau amis karna ikan boleh langsung masukkan semua bahan lalu blender sampai adonan tercampur rata. Ikannya juga bisa diganti dengan yang lain ya, misalnya ikan gabus atau ikan kakap.
  10. Tips: resep ini juga bisa untuk pempek telur, pempek keriting, pempek pistel, pempek panggang, pempek lenggang, tekwan, model ikan, laksan dan celimpungan.
  11. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian..
Apalagi jika penggemar pempek sejati, biasanya menyajikan pempek yang satu ini tanpa digoreng, alias hanya direbus saja. Resep Empek Empek Lenjer Khas Palembang Yang Kenyel Dan Empuk - Nah resep kita kali adalah pengembangan dari resep pempek Palembang yang telah kita simak di artikel-artikel sebelumnya (Baca: Cara Membuat Empek Empek Palembang Ikan Tenggiri). Dimana yang akan kita bahas adalah empek empek lenjer atau yang sering disebut dengan pempek lenjer, makanan ini sangat enak dan gurih, dengan bahan ikan. Selain pempek yang telah fenomenal, laksan makanan khas Palembang juga tak kalah lezatnya dengan pempek karena memiliki rasa yang lebih memukau. Dibuat dengan tepung sagu dan ikan, rasanya memang mirip sekali dengan pempek, namun yang membuatnya berbeda dan lebih unik adalah pada penggunaan kuahnya.

Mudah bukan membuat pempek lenjer khas palembang? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close