Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cuko Pempek Anti Ribet!

Sedang cari resep cuko pempek yang paling enak? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep cuko pempek terbaik! cuko pempek, sajian gampang dan cepat untuk dibuat. Pas untuk disajikan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Cuko Pempek

Sebagian Besar orang malas mulai memasak cuko pempek karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dibuat terasa enak. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

There are many varieties of Pempek. Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia.

Cara membuatnya pun tidak susah, kalian dapat membuat cuko pempek hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep cuko pempek!

Untuk memasak Cuko Pempek, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil of Bahan :.
  2. Gunakan 150 gr of asam jawa.
  3. Dibutuhkan 600 gr of gula merah sisir.
  4. Dibutuhkan 6 siung of bawang putih.
  5. Dibutuhkan 20 buah of cabe rawit (saya skip).
  6. Sediakan 10 of cabe merah keriting.
  7. Siapkan 1 sdm of garam.
  8. Ambil 50 gr of ebi kering sangrai (saya skip).
  9. Ambil 2 liter of air masak.
  10. Sediakan 200 ml of kecap bango (saya indofood).
  11. Siapkan 2 sdm of cuka masak.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Cuko pempek cocok juga digunakan untuk cocolan gorengan kayak bakwan atau pisang goreng lho,gak percaya coba aja sendiri :D. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek). Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental.

Langkah-langkah menyiapkan Cuko Pempek:

  1. Rebus gula merah sampai gula merah larut dan hingga mendidih..
  2. Masukkan asam jawa, cabe yang telah dihaluskan bersama bawang putih.
  3. Beri garam, kecap manis dan cuka masak. Koreksi rasa (asam, manis, dan pedasnya) tunggu kuah cuko agak menyusut. Matikan kompor. Tunggu uap panasnya hilang.
  4. Saring kauh cuko..
  5. Lebih enak disajikan bermalam ya biar kuah cuko lebih terasa. 😊.
  6. NOTE : Resep uni untuk awal 1liter air merebus gula merah disaring terlebih dahulu yaa. Sisanya Air 500 ml dicampur dengan asam jawa, dan sisanya lagi air 500 ml disaring kembali dengan sisa ampas asam kembali. (semua tergantung selera ya kalau saya seperti diatas 🙏🏻).
Saya pernah janji bikin cuko ini ya mams. Kuah cuka.yg akrab banget disandingkan dgn cemilan khas Palembang yi. Krn terbiasanya org sumatra dgn cuko ini.makan bakwan, tahu isi semua nyeruput cuko 😁 Dicoba ya mams. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat cuko pempek hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close