Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Membuat Cuko Pempek Asam Pedass Kekinian

Jenuh sama menu makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep cuko pempek asam pedass ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! cuko pempek asam pedass, hidangan mudah dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Cuko Pempek Asam Pedass

Banyak orang sudah menyerah duluan cuko pempek asam pedass karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek asam pedass! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cita rasanya yang gurih dan lezat dipadukan dengan cuko asam manis pedas membuat pempek kaya akan rasa. Bahkan, makanan ini tak hanya disajikan di restoran saja, kini sudah menjamur dijajakkan di gerobak-gerobak keliling maupun pinggir jalan. Menurut saya makan pempek itu harus lengkap.

Kamu dapat menyiapkan cuko pempek asam pedass hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep cuko pempek asam pedass!

Untuk memasak Cuko Pempek Asam Pedass, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 600 ml of air.
  2. Diperlukan 250 gr of gula aren, iris2.
  3. Diperlukan 3 siung of bawang putih.
  4. Sediakan 8 of cabe rawit merah.
  5. Ambil 3 of cabe merah keriting.
  6. Diperlukan 2 sdt of garam.
  7. Gunakan 3 sdm of gula pasir.
  8. Sediakan Secukupnya of asam jawa.

Bayangkan sepiring pempek ditambah potongan mentimun segar, ditaburi ebi yang dihaluskan, plus kuah cuko yang pedas, asam, manis! Meskipun terkenal enak, orang yang tidak suka pedas akan pilih makan pempeknya saja. Dia selalu melewatkan kuah cuko karena pedasnya bikin kapok. Kuah cuko ini bercita rasa asam, pedas dengan ciri khas kuah berwarna coklat gelap.

Proses membuat Cuko Pempek Asam Pedass:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Ulek kasar bumbu cuko (garam, bawang putih, cabe rawit merah, cabe merah keriting).
  3. Siapkan panci masukan air, bumbu ulek, sisa garam, asam jawa, gula pasir, gula merah lalu masak sampe matang, sambil koreksi rasa (sesuai selera).
  4. Setelah matang dan rasanya sdh pas, matikan api kemudian saring air cukanya.
  5. Cuko pempek asam pedass siap disajikan bersama pempeknya (kalo saya makan pempek itu pempeknya gk suka d goreng).
Pempek dan cuka adalah salah satu sajian kuliner yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Namun jika anda tidak memilki stok ikan giling di kulkas atau lemari es anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan memberikan resep pempek tanpa ikan. Resep cara membuat kuah pempek, atau bisa disebut dengan cuko. Memiliki warna hitam yang rasanya pedas manis gurih, enak sekali. Ternyata buatnya itu tidak terlalu sulit loh, hanya menyiapkan bahan lalu rebus semua.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat cuko pempek asam pedass hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close