Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Soto tangkar Untuk Pemula!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep soto tangkar ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! soto tangkar adalah satu dari sekian banyak menu makanan yang paling digemari. Yuk, waktunya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Soto tangkar

Kebanyakan orang takut mulai memasak soto tangkar karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi. Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat membuat soto tangkar hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin soto tangkar yuk!

Untuk memasak Soto tangkar, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1/4 of Daging sapi.
  2. Siapkan secukupnya of Kikil sapi.
  3. Diperlukan 1 buah of kentang ukuran besar.
  4. Dibutuhkan Secukupnya of daun bawang.
  5. Siapkan Secukupnya of tomat.
  6. Sediakan of Bawang goreng.
  7. Sediakan of Daun salam, daun jeruk, serei.
  8. Gunakan of Laos.
  9. Ambil of Santan dari 1/2 kelapa.
  10. Siapkan of Kecap manis.
  11. Siapkan of Jeruk limau.
  12. Ambil of Bumbu halus.
  13. Sediakan 6 siung of bawang putih.
  14. Dibutuhkan 4 siung of bawang putih.
  15. Sediakan 3 buah of kemiri.
  16. Sediakan secukupnya of Ketumbar.
  17. Dibutuhkan secukupnya of Lada.
  18. Ambil 2 cm of Kunyit bakar.
  19. Diperlukan secukupnya of Garam.

Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Selain soto tangkar, di sini juga ada sate kuah yang tak kalah nikmat.

Langkah-langkah menyiapkan Soto tangkar:

  1. Potong dadu daging sapi kemudian rebus hingga empuk, sisihkan ambil air rebusannya untuk kuah soto.
  2. Rebus juga kikil hingga empuk dan sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan kedalam air rebusan daging, tambahkan daun salam, serei,daun jeruk dan laos masak hingga mendidih.
  4. Masukan santan perlahan, masak lagi hingga mendidih. Koreksi rasa, bisa tambahkan royco daging masak hingga matang.
  5. Potong dadu kentang, goreng hingga sedikit kecoklatan (5-8menit) sisihkan.
  6. Cara penyajiannya, masukan potongan daging, kikil, kentang, tomat, daun bawang, bawang goreng dan sedikit kecap kedalam mangkok lalu siram dengan kuah sotonya, tambahkan sambal dan jeruk limau sajikan dengan nasi hangat.
Baca juga: Serba-serbi Kuliner khas Betawi. Soto tangkar adalah soto berkuah gurih dengan isian berupa tangkar atau tulang iga. Dilansir dari buku Kuliner Betawi: Selaksa Rasa dan Cerita karya Akademi Kuliner Indonesia terbitan Gramedia Pustaka Utama, dalam bahasa Betawi, tangkar artinya tulang iga. Soto tangkar legendaris ini telah tak dapat ditolak kelezatannya. Soto tangkar di sini punya kuah yang kental dan berwarna kemerahan.

Mudah bukan membuat soto tangkar? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close