Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Empek-Empek Kriting Anti Gagal!

Coba resep empek-empek kriting sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! empek-empek kriting, sajian gampang dan cepat untuk dimasak. Pas untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Empek-Empek Kriting

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan empek-empek kriting karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari empek-empek kriting! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun hampir. Merdeka.com - pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, dengan tambahan telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam.

Teman-teman dapat membuat empek-empek kriting hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin empek-empek kriting yuk!

Untuk memasak Empek-Empek Kriting, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1 kg of ikan tenggiri filet.
  2. Siapkan 500 gr of tepung tapioka.
  3. Ambil 12 of bawang putih.
  4. Dibutuhkan secukupnya of penyedap rasa ayam.
  5. Sediakan secukupnya of garam.
  6. Sediakan 1 butir of telur.
  7. Ambil 1 gelas kecil of air dingin.
  8. Ambil 1 butir of telur kocok (untuk isian bisa skip).

Pempek disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko terbuat dari air, gula merah, ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk. Nama pempek diambil dari kata empek-empek atau pek-pek yang menjadi sebutan lelaki tua pada pria Tionghoa. Hingga kini pempek jadi salah satu kuliner Palembang yang menggugah selera.

Langkah-langkah menghidangkan Empek-Empek Kriting:

  1. Haluskan ikan tenggiri kemudian campurkan ikan dengan air dingin uleni sampai benar2 tercampur rata kemudian masukan telur uleni kembali sampai benar2 tercampur.
  2. Setelah itu campur adonan ikan dengan tepung tapioka uleni kembali sampai benar2 tercampur rata.
  3. Setelah adonan ikan siap, pertama2 siapkan telur yg telah dikocok untuk isian, cetak adonan ikan sesuai dengan selera jangan lupa telapak tangan dibalur dengan tepung tapioka terlebih dahulu agar tidak lengket.
  4. Sisihkan adonan yang telah dicetak terlebih dahulu, panaskan air dalam panci tunggu sampai mendidih setelah mendidih masukan adonan tunggu sampai mengambang jgn langsung diangkat spy matang sampai dalam, setelah dirasa cukup tiriskan, empek2 kriting siap untuk di goreng 😁👍.
Pempek Palembang juga memiliki jenis dan bentuk yang beragam, ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan dan banyak lainnya. Belanja Pirikan cetakan pempek keriting / cetakan empek empek / pirikan kuningan / pirikan penghalus ikan / pirikan pempek keriting. Harga Murah di Lapak Budi Boga Kitchen Tools. Belanja Sekarang Juga Hanya di Bukalapak. Cara membuat empek empek tanpa ikan: Siapkan panci, lalu masukkan air, garam, penyedap rasa dan bawang putih halus.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat empek-empek kriting hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close