Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Iwak Pe Tahu Santan (Ikan Pari Asap) Kekinian

Jenuh dengan makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep iwak pe tahu santan (ikan pari asap) ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! Hidangan iwak pe tahu santan (ikan pari asap) ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Iwak Pe Tahu Santan (Ikan Pari Asap)

Pada umumnya orang takut mulai memasak iwak pe tahu santan (ikan pari asap) karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari iwak pe tahu santan (ikan pari asap)! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Seperti menu andalan yang ada di warung Wahyudi, di Kelurahan Badean, Bondowoso. Ikan pari asap masak santan Suka sekali dengan ikan pari. Entah karena saya memang pemakan segala atau memang saya suka dengan bau asap-asap dari ikan-ikan yang diasap.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat membuat iwak pe tahu santan (ikan pari asap) hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep iwak pe tahu santan (ikan pari asap)!

Untuk membuat Iwak Pe Tahu Santan (Ikan Pari Asap), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 4 potong of iwak pe asap.
  2. Diperlukan 3 buah of tahu, potong kotak dan digoreng.
  3. Gunakan 100 ml of santan.
  4. Dibutuhkan of Bumbu Halus.
  5. Diperlukan 4 siung of bawang merah.
  6. Diperlukan 2 siung of bawang putih.
  7. Sediakan 2 buah of kemiri.
  8. Siapkan 3 cm of kunyit.
  9. Ambil 3 buah of cabe merah.
  10. Diperlukan of Pelengkap.
  11. Siapkan 2 tangkai of daun prey, iris.
  12. Diperlukan 2 cm of lengkuas,geprek.
  13. Siapkan of Daun jeruk.
  14. Diperlukan Secukupnya of air, gula, dan garam.

Baik itu ikan pari atau jenis lainnya. Berbeda dengan paksu yang nggak doyan sama sekali.he. Mangut Ikan Pari (Iwak Pe). foto: Instagram/@reenaokta. Teman-teman tahu apa itu iwak pe ?

Langkah-langkah membuat Iwak Pe Tahu Santan (Ikan Pari Asap):

  1. Haluskan semua bumbu. Kemudian, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama lengkuas, daun jeruk dan daun prey..
  2. Jika sudah mulai harum masukkan santan dan tambahkan air secukupnya. Tunggu sampai mendidih..
  3. Setelah mendidih masukkan iwak pe dan tahu, aduk - aduk dan tunggu sampai bumbu meresap..
  4. Koreksi rasa (jangan lupa tambahkan garam dan gula sesuai selera yaaaa 😉).
  5. Iwak pe Tahu Santan siap dinikmati 😍.
Iwak pe adalah sebutan masyarakat di tanah kelahiran saya untuk ikan pari yang sudah di asap. Ikan pari yang bentuknya lebar biasanya di potong tipis memanjang dan di jepit dengan bilah bambu kecil, kemudian di asap. Setelah di asap iwak pe ini bisa di olah menjadi macam-macam hidangan. Ikan pari уаng berbentuk besar dan lebar ѕаngаt jarang dikonsumsi. Iwak Pe adalah ikan asap, biasanya ikan yang dipakai ikan pari atau tengiri.

Selamat mencoba resep iwak pe tahu santan (ikan pari asap)! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close