Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Goreng Bacem Kekinian

Ingin tau rahasia masak ayam goreng bacem yang nikmat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep ayam goreng bacem terbaik! ayam goreng bacem, makanan gampang dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Ayam Goreng Bacem

Kebanyakan orang tidak berani memasak ayam goreng bacem karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng bacem! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Ayam Bacem Densus adalah MRE (Meal Ready To Eat) atau kata lainnya Siap Saji sehingga anda dapat saja langsung menyajikan dan menyantap produk kami saat diterima. Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat memasak ayam goreng bacem hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ayam goreng bacem yuk!

Untuk menyiapkan Ayam Goreng Bacem, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 ekor of ayam (ayam negeri/pejantan, potong jadi 8/10 bagian).
  2. Ambil of Bumbu halus.
  3. Gunakan 7 siung of bawang merah.
  4. Ambil 5 siung of bawang putih.
  5. Dibutuhkan 5 butir of kemiri.
  6. Siapkan 2 sdt of ketumbar.
  7. Dibutuhkan 2 sdt of lada bubuk.
  8. Siapkan of Bahan lainnya.
  9. Sediakan 500 ml of air kelapa.
  10. Sediakan 5 lembar of daun salam.
  11. Gunakan 2 batang of sereh.
  12. Siapkan 2 lembar of daun jeruk.
  13. Gunakan Sejempol of lengkuas.
  14. Dibutuhkan Sejempol of jahe.
  15. Diperlukan 2 keping besar of gula merah.
  16. Diperlukan 3 sdm of garam (atau sesuai selera).

Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Bacem:

  1. Cuci bersih ayam, tiriskan, kemudian simpan dalam kulkas sebentar..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lada dan ketumbar..
  3. Tata ayam dalam panci atau wajan, beri bumbu halus diatasnya, tambahkan aneka rempah, siram dengan air kelapa (bisa ditambahkan sedikit air biasa sampai ayam terendam semua), tambahkan gula merah, dan garam, masak dengan api sedang hingga ayam matang dan air agak menyusut. Jangan lupa cek rasanya..
  4. Angkat ayam, bisa langsung disimpan di kulkas untuk stok atau digoreng. Jika menggoreng ayam bacem, pastikan api kecil saja agar tidak cepat gosong..
  5. Matikan api, angkat, dan ayam bacem siap dihidangkan bersama nasi dan tambahan lauk lainnya..
Untuk membuat ayam bacem goreng istimewa ternyata tidaklah sulit. Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat ayam goreng bacem hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close