Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kulit Karipap Pusing Kekinian

Ingin tau rahasia masak kulit karipap pusing yang enak? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep kulit karipap pusing terbaik! kulit karipap pusing salah satu menu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

Kulit Karipap Pusing

Pada umumnya orang sudah minder duluan kulit karipap pusing karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kulit karipap pusing! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Karipap Pusing, demikian teman-teman di Malaysia sering menyebutnya. Ini jenis lain dari pastry Asia dengan kulit renyah berlapis-lapis membentuk motif pusar di tengah. Sehingga ia juga populer dengan nama Pastel User-User, dan dari pusar itu pulalah datangnya kata "pusing". hihihi.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat menghidangkan kulit karipap pusing hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep kulit karipap pusing!

Untuk menyiapkan Kulit Karipap Pusing, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan A:.
  2. Gunakan 250 gram of tepung terigu protein sedang.
  3. Gunakan 150 gram of margarin.
  4. Gunakan of Bahan B:.
  5. Sediakan 750 gram of tepung terigu protein sedang.
  6. Gunakan 80 gram of minyak goreng.
  7. Sediakan 300 ml of air dingin.
  8. Diperlukan 50 gram of gula.
  9. Dibutuhkan 1 sdm of garam.

Kali ini admin sediakan resipi dan cara membuat karipap pusing yang mudah tetapi sedap dan rangup lagi. Untuk lebih menarik, tambahkan sedikit pewarna, pasti anak-anak terpikat untuk merasainya. Kali ini, kita guna inti kentang yang ditambah dengan sedikit ikan bilis. Jika kulit karipap tersebut rangup, rapuh dan enak, memang sedaplah kuih tersebut.

Proses menyiapkan Kulit Karipap Pusing:

  1. Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yang dapat dipulung. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan. Sisihkan..
  2. Bahan B: dalam wadah masukkan minyak goreng, tepung, gula, garam, uleni sambil dituangi air dingin sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kalis. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan..
  3. Pipihkan 1 bagian adonan B, isi dengan 1 bagian adonan A di tengahnya. Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B. Rapikan bulatannya. Lakukan pada semua adonan lalu diamkan 15 menit..
  4. Ambil satu bagian adonan, gilas tipis lalu lakukan lipatan single, yaitu adonan dilipat tiga ke arah tengah..
  5. Gilas lagi memanjang hingga sangat tipis. Kemudian gulung lalu padatkan. Lakukan hal yang sama pada 3 adonan lainnya..
  6. Potong-potong adonan horizontal setebal kira-kira 1,5 - 2 cm hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur pusaran..
  7. Gilas tipis tiap potongan, beri isian Kentang Bumbu Kari, dan bentuk hingga menjadi pastel..
  8. Goreng dalam minyak yang sudah panas hingga bewarna kuning kecokelatan. Angkat lalu tiriskan..
Jadi bagi anda yang nak belajar cara-cara buat kulit karipap yang kekal rangup dalam tempoh masa yang lama, boleh cuba resipi perkongsian saudari Noor Azlina Khalil. Menurut beliau, karipap ini adalah antara yang menjadi kegemaran kawan-kawan. Tiada rahsia tersembunyi pada resepi diatas. Akak telah menggunakan resepi ini setiap kali menyediakan karipap. Cuma kadang 'brand' tepung gandum yg berbeza menghasilkan texture doh berbeza.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat kulit karipap pusing hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close