Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Cuko Pempek Palembang Untuk Pemula!

Coba resep cuko pempek palembang sebagai menu istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! cuko pempek palembang cocok untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Cuko Pempek Palembang

Kebanyakan orang tidak berani memasak cuko pempek palembang karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek palembang! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa datar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

There are many varieties of Pempek. The most famous one is the Pempek Kapal Selam (Indonesian: "submarine"), which is made from a chicken egg. Resep ini saya dapat dari hasil modifikasi sana dan sini.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat menghidangkan cuko pempek palembang hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin cuko pempek palembang yuk!

Untuk membuat Cuko Pempek Palembang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 500 gr of gula merah.
  2. Gunakan 500 ml of air.
  3. Dibutuhkan 1 sdm of ebi, sangrai lalu haluskan.
  4. Sediakan 1 sdt of gula pasir.
  5. Sediakan 1/2 sdt of garam.
  6. Ambil 3 sdm of asam jawa.
  7. Siapkan of Bumbu halus:.
  8. Ambil 10 of bawang putih.
  9. Dibutuhkan 20 of cabe rawit (saya 15 biji).
  10. Ambil 3 of cabe merah kriting (saya skip).

Ini adalah resep cuko jualan pempek saya 😁 "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat.

Proses menghidangkan Cuko Pempek Palembang:

  1. Rebus air, masukkan gula merah, aduk rata hingga gula larut..
  2. Tambahkan semua bumbu, aduk rata. Masak sampai mendidih.
  3. Jika sudah mendidih dan rasa sudah pas sesuai selera, angkat lalu pindah ke wadah lain sambil disaring..
Bagi kami orang Palembang, biarlah rasa pempeknya kurang sedap dan enak. Pempek sebagai makanan khas Kota Palembang banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Palembang, tetapi seluruh masyarakat di Indonesia menyukai makanan yang terbuat dari bahan tapioka dan ikan ini. Resep Cuko Pempek Palembang, dari Bahan Sederhana, Gampang Dibuat, Dijamin Kental dan Gurih Bila mendengar kota Palembang, maka sudah pasti kita akan teringat dengan makanan khas Palembang yakni pempek yang dimakan bersama cuko. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek). Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental.

Selamat mencoba resep cuko pempek palembang! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close