Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut Iwak Pe Kemangi Anti Gagal!

Coba resep mangut iwak pe kemangi sebagai sajian istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Perkaya koleksi resepmu dengan mangut iwak pe kemangi! Makanan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Mangut Iwak Pe Kemangi

Banyak orang malas mulai memasak mangut iwak pe kemangi karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut iwak pe kemangi! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa enak. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Berlokasi di Jalan Monjali Yogyakarta, Kedai Mbak Tiwi hadir dengan menu spesial yakni Mangut Iwak Pe. Menu ini sendiri merupakan ikan pari asap yang dimasak mangut dengan kuah santan berwarna kuning khas. Mangut adalah kuliner tradisional khas Jawa dan banyak ditemukan di kota-kota yang berada di pesisir pantai utara seperti Semarang dan sekitarnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat memasak mangut iwak pe kemangi hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mangut iwak pe kemangi!

Untuk membuat Mangut Iwak Pe Kemangi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 4-5 potong besar of Ikan Pari Asap.
  2. Sediakan 2-3 ikat of Kemangi (saya suka daun wangi).
  3. Sediakan 1 sdt of ketumbar sangrai.
  4. Gunakan 5-8 siung of bawang putih.
  5. Ambil 3-5 butir of kemiri sangrai.
  6. Siapkan 500 ml of santan encer.
  7. Dibutuhkan 300 ml of santan kental.
  8. Ambil secukupnya of garam.
  9. Diperlukan secukupnya of gula.
  10. Siapkan 1 ruas of kencur.
  11. Diperlukan 2 sdm of minyak masak.

Di sekitar Semarang, mangut biasanya dibuat dari ikan pari asap atau biasa disebut dengan Ikan Pe atau dalam bahasa Jawa adalah Iwak Pe. Cara membuat masakan ikan pe asap mangut spesial. Tumis bumbu halus beserta daun salam dan lengkuas sampai harum. Setelah itu masukkan cabai dan tomat hijau.

Langkah-langkah menghidangkan Mangut Iwak Pe Kemangi:

  1. Haluskan ketumbar, kencur, kemiri, bawang putih, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, jika telah wangi masukan masukan santan encer, tunggu hingga mendidih lalu masukkan santan kental dan ikan asap, setelah mendidih matikan api lalu masukan dedaunan kemangi yang sudah disiangi dan gula garam, rasakan hingga cocok. Mangut Iwak Pe Kemangi
  3. Selamat menikmatiiiii😊. Mangut Iwak Pe Kemangi
Lalu, masukkan santan, garam, dan gula merah. Mangut Ikan Pari (Iwak Pe). foto: Instagram/@reenaokta. Mangut Iwak Pe │Mangut Ikan Pari Asap Khas Semarang Pasti Nagih Assalamualaikum Wr. Di Malang lagi musim iwak pe atau ikan pari, terbukti di tukang sayur setiap hari ada. Beberapa hari lalu aku beli buat disambel, pagi tadi aku beli mau dimasak mangut.spesial request suami yang hobi banget masakan bersantan.

Mudah bukan membuat mangut iwak pe kemangi? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close