Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cuko Pempek Palembang Asli Anti Ribet!

Lagi mencari resep cuko pempek palembang asli yang paling sedap? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep cuko pempek palembang asli terbaik! cuko pempek palembang asli cocok untuk disandingkan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Cuko Pempek Palembang Asli

Kebanyakan orang malas mulai memasak cuko pempek palembang asli karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek palembang asli! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dibikin terasa nikmat. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Tinggal eksekusinya gak perlu pake waktu lama. Untuk rasa kalian bisa coba enak banget. Berhubung gula batok aku gak ada jd pake gula merah biasa.

Kalian dapat membuat cuko pempek palembang asli hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin cuko pempek palembang asli yuk!

Untuk memasak Cuko Pempek Palembang Asli, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/4 kg of gula merah.
  2. Diperlukan 10 biji of cabe kriting (boleh skip & rawit ditambah jk suka pedas).
  3. Dibutuhkan 10 biji of Cabe rawit dgn tangkainya.
  4. Dibutuhkan 9-10 biji of bawang putih dgn kulit.
  5. Sediakan 2 sdm of asam jawa.
  6. Sediakan 1 sdt of gula pasir.
  7. Ambil 2 sdm of kecap manis.
  8. Sediakan 1/2 sdt of garam.
  9. Dibutuhkan 1 sdm of cuka.

Kuah atau orang Palembang menyebutnya Cuko adalah pelengkap dan penentu enak atau tidaknya sajian Pempek. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Siapa yang tidak mengenal pempek yang khas teraso iwaknyo (ikan). Salah satu aneka jajanan yang sudah sangat terkenal ini adalah kuliner asli Palembang dengan adonan dasar campuran tepung sagu dan ikan serta disajikan dengan kuah cuka yang kental.

Langkah-langkah memasak Cuko Pempek Palembang Asli:

  1. Belender sampai halus cabe kriting, cabe rawit dan bawang putih dgn 500ml air (tangkai rawit dan kulit bawang putih ikut ya tdk dikupas)..
  2. Saring hasil blender kemudian masukkan ke panci dgn api sedang kemudian masukkan gula merah, pula pasir, garam, asam jawa dan kecap manis masak sampai mendidih dan mengental..
  3. Setelah mengental masukan cuka aduk sebentar kemudian matikan api. Saring dan masukan ke wadah atau botol. Menurut pemberi resep bisa disimpan di kulkas selama 1 thn..
Nah resep pempek ala Pak Raden ini sangat enak, jelas dan mudah sekali diikuti, ada banyak bahan yang mudah kita olah, dan dengan cuko yang baik, kita bisa menikmati rasa asli dari pempek Palembang ini, penasaran simak ulasan kami disini ya: Cara Membuat Pempek Palembang Ala Pak Raden Cara Membuat Pempek Palembang - Makanan khas Palembang yang sudah sangat terkenal adalah pempek Palembang. Tidak hanya masyarakat Palembang saja yang menyukai pempek palembang tapi juga wisatawan lokal dan asing. Pempek membuat orang-orang ingin mencobanya lagi dan lagi. Cara pembuatan makanan khas kota wong kito ini sungguh banyak sekali penggemarnya, sampai sudah tersebar ke pelosok nusantara. "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek.

Mudah bukan membuat cuko pempek palembang asli? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close