Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mun Tahu Udang Jamur Anti Gagal!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep mun tahu udang jamur ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Hadirkan mun tahu udang jamur untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Mun Tahu Udang Jamur

Pada umumnya orang sudah minder duluan mun tahu udang jamur karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mun tahu udang jamur! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dibikin tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Merupakan makanan dengan pengaruh kuliner Tongkok, sajian yang diolah bersama daging ayam cincang dan jamur ini sangat mudah untuk dibuat. Biasanya di resto chinese hanya memakai tahu + daging cincang,tapi kali ini biar lebih bervariasi saya tambahkan jamur kuping + udang kupas. Nugget Tahu dengan Udang dan Jamur. (Foto: Shutterstock) Di saat kamu sedang tak punya waktu untuk memasak di dapur, frozen food bisa jadi solusi.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat membuat mun tahu udang jamur hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mun tahu udang jamur!

Untuk menyiapkan Mun Tahu Udang Jamur, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 2 kotak of tahu cina, potong dadu/ sesuai selera.
  2. Dibutuhkan 200 gram of udang kupas, cincang kasar/ iris kurleb 1/2cm (kl udangnya bnyk, sebagian ga dicincang jg gpp).
  3. Sediakan 200 gram of jamur maitake/ jamur apa aja (opsional).
  4. Diperlukan 5 siung of bawang putih (suka bgt soalnya😛), cincang kasar.
  5. Dibutuhkan 1/2 siung of bawang bombay, cincang kasar.
  6. Diperlukan 2 sdm of saus tiram.
  7. Diperlukan 2 sdm of kecap inggris.
  8. Ambil 1 sdm of kecap ikan.
  9. Diperlukan 1 sdm of kecap asin.
  10. Gunakan 1 sdt of kaldu ayam bubuk.
  11. Siapkan 300-400 ml of air.
  12. Diperlukan 1 sdt of merica bubuk.
  13. Dibutuhkan 1 sdm of tepung maizena, larutkan dengan air 5 sdm.
  14. Siapkan 1 ikat of daun seledri, ambil daunnya aja, iris tipis.
  15. Dibutuhkan 1 batang of daun bawang, iris sesuai selera.
  16. Sediakan 1 sdm of minyak.

Kali ini, kita akan memasak mun tahu vegetarian yang dipadukan dengan bahan non hewani. Tahu putih maupun tahu sutra bisa digunakan dalam resep ini. Selain tahu, kita akan gunakan protein nabati lainnya seperti jamur merang. The mun (燜/焖, literally means "braised") cooking technique suggesting its Hakka origin.

Langkah-langkah menyiapkan Mun Tahu Udang Jamur:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay.
  2. Masukkan udang dan jamur, aduk sampai matang.
  3. Masukkan saos tiram, kecap inggris, kecap asin, kecap ikan, kaldu bubuk, dan merica.
  4. Masukkan air (sebagian) dan larutan maizena, tunggu sampai kelihatannya akan mendidih.
  5. Masukkan tahu, diamkan sampai tahu matang, semua bahan menyatu, dan kuah mengental.
  6. Tambahkan sisa air, diamkan sampai mendidih.
  7. Masukkan daun bawang dan seledri.
  8. Sajikan dengan sambel kecap (kecap asin, kecap manis, irisan cabe rawit, dan air jeruk limo).
While tahu is tofu in Indonesian. Its main ingredient is soft and smooth silken tofu, or its variant the yellowish egg tofu, braised with chicken, meat or seafood, sprinkled with chopped leeks. Lihat juga resep Mun Tahu Telur Ayam Simpel enak lainnya. Masukkan udang kupas bersih sampai agak matang. Masukkan air mendidih, lada, garam, gula, koreksi rasa, masukkan tahu, kaldu jamur, lalu maizena yg dicairkan, tunggu mengental.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat mun tahu udang jamur. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close