Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pempek dos yang Lezat Sekali!

Sedang pengen coba resep pempek dos yang paling lezat? Gak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep pempek dos terbaik! pempek dos salah satu sajian dengan rasa berani dan tentunya dijamin nambah lagi.

Pempek dos

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan pempek dos karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Hanya saja bahan baku utama dalam resep pempek dos adalah tepung sagu. Sementara untuk menambahkan rasanya, dibumbui dengan kaldu bubuk serta isian abon pedas. Baca juga: Resep Pempek Palembang, Bisa untuk Jualan Online Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat memasak pempek dos hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep pempek dos!

Untuk menyiapkan Pempek dos, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 150 gr of Tepung terigu serbaguna.
  2. Siapkan 250 gr of Tepung sagu.
  3. Gunakan 250 ml of air.
  4. Ambil 2 butir of telur.
  5. Sediakan 1 sdt of garam.
  6. Diperlukan 1 sdt of gula.
  7. Dibutuhkan 1/2 sdt of Merica.
  8. Sediakan 1 sdm of Ebi kering.
  9. Dibutuhkan 3 siung of bawang putih cincang.
  10. Ambil 2 butir of telur kocok lepas.
  11. Ambil of Bahan Cuko :.
  12. Diperlukan 5 siung of bawang putih Bawang putih.
  13. Ambil 5 buah of Cabai rawit.
  14. Diperlukan 5 buah of Cabai merah keriting.
  15. Gunakan 1 sdm of ebi.
  16. Diperlukan 1 sdt of garam.
  17. Gunakan of Pelengkapnya Timun dipotong dadu.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek dos:

  1. Dalam panci didihkan air,lalu masukkan garam,gula,merica,ebi,dan bawang putih,aduk rata dan masak hingga mendidih..
  2. Kecilkan api kompor lalu masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk hingga adonan matang. Matikan api lalu diamkan hingga adonan menghangat..
  3. Setelah adonan hangat, masukan telur satu persatu dan aduk rata. Selanjutnya, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tidak lengket di tangan. Bagi adonan jadi 3 bagian..
  4. Dalam panci, didihkan banyak air untuk merebus pempek..
  5. Pempek Lenjer: Ambil 1 bagian adonan lalu bentuk lonjong kecil memanjang. Potong-potong sepanjang 10 cm. Masukkan dalam air mendidih dan rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan..
  6. Pempek Kapal Selam: Ambil 1 bagian adonan. Ambil sebanyak 2 sdm dari adonan tadi lalu bulatkan. Tekan bagian tengahnya hingga membentuk kantung. Tuang kocokan telur secukupnya, lalu langsung rapatkan dan tutup bagian atasnya. Masukkan dalam air mendidih dan rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan..
  7. Cuko: Dalam panci, didihkan semua bahan cuko (kecuali air asam jawa) dan bumbu halusnya. Matikan api. Tuang air asam jawa lalu aduk rata dan saring. Siap disajikan bersama pempek..
Kalau pada umumnya pempek atau empek - empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Resep Pempek Dos Ny Liem (TANPA IKAN). Ga tau dapet ilham apa, abis mandi pagi lihat bookmar HP, ada judul Pempek dari blog JTT.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat pempek dos hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close