Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menyiapkan Soto Kikil Anti Gagal!

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep soto kikil ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Hadirkan soto kikil untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Soto Kikil

Kebanyakan orang takut mulai memasak soto kikil karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto kikil! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Lihat juga resep Soto Bening Kikil enak lainnya. Soto kikil merupakan salah satu menu spesial yang bisa anda olah untuk dihidangkan ketika makan sahur. Soto kikil ini merupakan menu khas Gresik yang begitu nikmat, lezat dan menyegarkan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menghidangkan soto kikil hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep soto kikil!

Untuk menyiapkan Soto Kikil, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1/2 kg of Kikil Sapi (Arni,450 gr).
  2. Diperlukan 2 lembar of Daun Salam.
  3. Dibutuhkan 2 lembar of Daun Jeruk, buang tulang daunnya (tambahan Arni).
  4. Siapkan 1 cm of Lengkuas, geprek.
  5. Siapkan 1 batang of Sereh, geprek.
  6. Siapkan 1 cm of Jahe, geprek.
  7. Dibutuhkan 1 sachet of Santan Instan 65 ml.
  8. Siapkan 1 liter of Air.
  9. Diperlukan Secukupnya of Garam, Gula Pasir dan Kaldu Bubuk rasa Sapi.
  10. Dibutuhkan of Bumbu Halus :.
  11. Gunakan 5 buah of Bawang Merah.
  12. Ambil 3 siung of Bawang Putih.
  13. Sediakan 3 butir of Kemiri.
  14. Siapkan 1/2 sdm of Ketumbar.
  15. Diperlukan 2 cm of Kunyit.
  16. Dibutuhkan of Pelengkap :.
  17. Siapkan 1 buah of Kentang, goreng.
  18. Ambil 1 batang of Daun Bawang,iris halus.
  19. Sediakan Sesuai selera of Bawang Goreng.
  20. Dibutuhkan 1 buah of Tomat, potong sesuai selera.
  21. Gunakan Secukupnya of Toge diblansir sebentar dengan air panas, tiriskan.

Kuahnya begitu gurih dan segar, serta kikil empuk yang ada didalamnya membuat soto ini lebih enak. Soto mi (spelled mee soto in Singapore and Malaysia) - a yellow spicy beef or chicken broth soup with noodles, commonly found in Indonesia, Singapore, and Malaysia. Bogor, Indonesia, is famous for its soto mi made with beef broth, kikil (cow's cartilage), noodles, and sliced risoles spring rolls. Beberapa orang tak suka dengan bagian ini, namun tak sedikit yang sangat menggemari kikil.

Proses menyiapkan Soto Kikil:

  1. Cuci bersih kikil lalu rebus hingga empuk..
  2. Tumis bumbu halus,daun salam,daun jeruk, lengkuas,jahe dan sereh hingga harum lalu tuangi air. Tunggu hingga mendidih..
  3. Bumbui dengan gula,garam dan kaldu bubuk rasa sapi, lalu tes rasa. Masukan potongan kikil yang sudah direbus dan dipotong2 tapi,aduk rata..
  4. Klo rasa sudah pas,kecilkan api lalu tuang santan instan. Aduk2 terus hingga mendidih kembali, lalu matikan api..
  5. Penyajian (sesuai selera ya) : Tata dimangkuk toge,potongan tomat dan kentang goreng lalu taburi daun bawang. Baru disiram dengan kuah soto + kikilnya,baru taburi bawang goreng diatasnya..
Kikil sering diolah jadi berbagai masakan yang menggugah selera. Seperti yang satu ini Ladies, Vemale akan coba hadirkan satu resep soto kikil yang akan memanjakan lidahmu. Soto banyak di jual diwarung, para pengemar soto kikil. Apa bedanya soto kikil dengan soto tangkar !!! Jika soto kikil dari kikil dan soto tangkar dari iga sapi.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto kikil. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close