Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Membuat Iwak Pe Santan Untuk Pemula!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep iwak pe santan ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! iwak pe santan salah satu sajian dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Iwak Pe Santan

Pada umumnya orang tidak berani memasak iwak pe santan karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari iwak pe santan! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dihasilkan terasa enak. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Iwak Pe adalah ikan asap, biasanya ikan yang dipakai ikan pari atau tengiri. Jika kamu pernah pergi ke pasar dan menemukan ikan asap, ada yang namanya iwak pe atau ikan pari asap. Ikan ini secara umum sebenarnya sudah matang, tapi jika diolah lagi, pasti akan jadi menu yang lebih mantap, apalagi jika dikuah santan seperti resep ini.

Kamu dapat menghidangkan iwak pe santan hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep iwak pe santan!

Untuk menghidangkan Iwak Pe Santan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 8 potong of iwak pe asap, cuci.
  2. Sediakan 10 butir of petai kupas.
  3. Gunakan 2 buah of tahu, potong lalu goreng setengah matang.
  4. Dibutuhkan 250 ml of santan encer.
  5. Sediakan of Bumbu iris:.
  6. Dibutuhkan 7 butir of bawang merah.
  7. Dibutuhkan 3 siung of bawang putih.
  8. Siapkan 1 buah of tomat setengah matang.
  9. Dibutuhkan 3 buah of cabe hijau.
  10. Ambil 7 butir of cabe sret.
  11. Diperlukan 1 jempol of lengkuas.
  12. Sediakan 2 lembar of daun salam.
  13. Siapkan bila suka of Garam, gula, penyedap.

Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan. Kalo Jawa Timur namanya Kothok Iwak Pe. Paduan aroma ikan panggangnya dengan campuran bumbu lengkapnya menimbulkan aroma yang menggoda. Di Jawa Tengah masakan sejenis ini juga ada, biasanya disebut dengan Mangut Pe.

Langkah-langkah menghidangkan Iwak Pe Santan:

  1. Siapkan bahan, iris semua bumbu iris.
  2. Tumis semua bumbu iris hingga wangi..
  3. Masukkan iwak pe, pete dan tahu goreng, masak hingga wangi kembali..
  4. Masukkan santan encer, beri gula garam dan penyedap. Masak hingga matang..
Awalnya saya tidak tahu kalau kothok pe dengan mangut itu hampir sama. Setelah di asap iwak pe ini bisa di olah menjadi macam-macam hidangan. Yang paling sering sih di buat mangut yaitu di masak menggunakan kuah santan yang pedas. Terdapat dua varian menu ikan pe asapan yang disediakan oleh warung Iwak Pe Yu Sinto, yaitu Iwak Pe Kuah dan Iwak Pe Penyet. "Untuk yang kuah kita sajikan dengan kuah santan yang dibumbui pedas serta ditambahkan buah blimbing sayur sehingga terdapat rasa asem yang menonjol disamping sensasi pedasnya," papar Sinto, perempuan yang asli Probolinggo tersebut. Resep Kotokan Iwak Pe (Ikan Pari masak Santan) kemarin paksu pulang bawa ikan pari asap, katanya mau dimasakin santan. yowes apalah daya ga bisa nolak. yang orang surabaya pasti tau banget masakan ini ya. menu yang berbahaya banget. bahaya bisa ngabisin nasi banyak.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat iwak pe santan. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close