Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menyiapkan Ayam tempe bacem goreng Anti Ribet!

Coba resep ayam tempe bacem goreng sebagai sajian istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan ayam tempe bacem goreng untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Ayam tempe bacem goreng

Pada umumnya orang malas mulai memasak ayam tempe bacem goreng karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam tempe bacem goreng! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu agar masakan yang dibuat terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Selain itu, bacem juga dapat diartikan sebagai salah satu proses untuk mematangkan bahan makanan yang dilakukan dengan cara dimasak. Goreng sebentar dalam minyak goreng yang telah dipanaskan hingga tempe kecokelatan. Untuk melengkapi santap siang Anda atau santap malam hari ini, cobalah membuat bacem tempe yang enak.

Kalian dapat menghidangkan ayam tempe bacem goreng hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ayam tempe bacem goreng!

Untuk menghidangkan Ayam tempe bacem goreng, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1/2 ekor of ayam.
  2. Siapkan 1/2 papan of tempe potong 8 bagian.
  3. Ambil 1/2 of jeruk nipis ambil airnya.
  4. Siapkan 2 sdm of air asam jawa.
  5. Sediakan 2 lembar of daun salam.
  6. Dibutuhkan 1 batang of serei geprek.
  7. Ambil 1 sdm of saos tiram.
  8. Siapkan 4 sdm of kecap manis.
  9. Gunakan 1 sdt of garam.
  10. Gunakan 1 sdt of penyedap.
  11. Siapkan 1 butir of gula jawa ukuran besar.
  12. Siapkan 300 ml of Air.
  13. Siapkan of Bumbu halus:.
  14. Dibutuhkan 4 siung of bawang merah.
  15. Diperlukan 4 siung of bawang putih.
  16. Dibutuhkan 2-3 butir of kemiri.

Agar lebih aromanya lebih menggugah selara, tambahkan sedikit irisan daun jeruk. Seperti juga membuat tahu dan tempe bacem ataupun gudeg jogja, Resep Ayam Goreng Bacem juga menggunakan jinten dan gula jawa sebagai salah satu bumbu rahasianya. Selain itu untuk merebus ayamnya digunakan juga air kelapa supaya hasilnya lebih legit dan lezat. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem.

Langkah-langkah memasak Ayam tempe bacem goreng:

  1. Potong ayam sesuai selera. Cuci bersih dan kucuri dg air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit. Lalu cuci bersih kembali..
  2. Masukkan ayam, bumbu halus, daun salam, sereh, garam, penyedap jd satu dlm wajan lalu ungkep semua dg air 300ml sampai setengah matang..
  3. Lalu masukkan tempe, saos tiram, kecap manis, gula merah/jawa, air asam jawa. Dan tunggu hingga air menyusut. Lalu tiriskan..
  4. Siapkan minyak yg cukup bnyak untuk menggoreng ayam dan jg tempe. Jgn terlalu lama yah krna takut gosong kaya punya saya🤣🤣🤣.
  5. Maafkan yah... Krna untuk langkah"nya diriku lupa untuk foto🤣🤣.
Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam tempe bacem goreng. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close