Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menghidangkan Ayam Goreng Ketumbar dengan Sambal Mentah Jeruk Limau Kekinian

Bosen sama sajian makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep ayam goreng ketumbar dengan sambal mentah jeruk limau ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Satu lagi sajian yang bakal bikin meja makan semakin meriah - ayam goreng ketumbar dengan sambal mentah jeruk limau! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Ayam Goreng Ketumbar dengan Sambal Mentah Jeruk Limau

Banyak orang takut mulai memasak ayam goreng ketumbar dengan sambal mentah jeruk limau karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng ketumbar dengan sambal mentah jeruk limau! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dibikin terasa enak. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Lihat juga resep Sambal mentah jeruk limau enak lainnya. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian. Rasa ayam gorengnya sebenarnya biasa cuma sambel nya juara.

Kawan-kawan dapat menghidangkan ayam goreng ketumbar dengan sambal mentah jeruk limau hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 11 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ayam goreng ketumbar dengan sambal mentah jeruk limau!

Untuk menyiapkan Ayam Goreng Ketumbar dengan Sambal Mentah Jeruk Limau, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 Ekor of Ayam potong jadi 8 Bagian.
  2. Gunakan 10 buah of Bawang Merah.
  3. Ambil 6 siung of Bawang Putih.
  4. Dibutuhkan 5 Buah of Kemiri.
  5. Siapkan 3 ruas of Kunyit.
  6. Ambil 1 ruas besar of Jahe.
  7. Siapkan 2 sendok Makan of Ketumbar utuh.
  8. Dibutuhkan 4 Lembar of Daun salam.
  9. Dibutuhkan 5 Lembar of Daun Jeruk.
  10. Dibutuhkan of Sereh 2 batang memarkan.
  11. Ambil of Garam.
  12. Dibutuhkan of Penyedap.
  13. Diperlukan of Lada Bubuk.
  14. Siapkan of Minyak Goreng.
  15. Sediakan 200 ml of Air.
  16. Diperlukan of Untuk sambal Cabe rawit merah, cabe besar dan dua buah limau.

Saya saranin kalau mau nyoba pas sesaat sebelum makan karena rasanya lebih ok ketika dibuat sesaat sebelum makan Pos Terkait. Ayam goreng yang dihidangkan dengan cara dipenyetkan ke sambal membuat sajian masakan bernuansa khas tradisional nusantara ini sangat menggugah selera. Cara Membuat: Lumuri ayam dengan bawang putih, ketumbar, garam, merica bubuk, dan air jeruk lemon. Lihat juga resep Sambal mentah jeruk limau enak lainnya.

Langkah-langkah membuat Ayam Goreng Ketumbar dengan Sambal Mentah Jeruk Limau:

  1. Blender Bawang Merah, Bawang Putih, jahe, kunyit, ketumbar, kemiri sampai halus. Saat memblender harus kasih minyak yah....
  2. Tumis bumbu halus. Aduk perlahan....
  3. Masukkan Daun salam, sereh, daun jeruk, aduk sampai harum. Jangan sampai bumbu kering dan berubah warna yah..
  4. Masukkan garam, penyedap, lada bubuk aduk sebentar.
  5. Masukkan Air, aduk rata.
  6. Masukkan Ayam. Pastikan Ayam harus terendam air yah. Jika kurang airnya bisa ditambah. Tutup rapat..
  7. Cek Ayam, sesekali diaduk biar bumbu tidak hangus di bagian bawah, jika bumbu sudah menyusut dan ayam sudah lunak dengan cara menusuknya pakai garpu, angkat. Angkat bersama daun-daunannya yah....
  8. Panaskan minyak. Jika ayam sudah masuk minyak panas, turunkan api jadi medium. Goreng ayam sambil masukkan sisa bumbu kuningnya agar menempel pada kulit ayam. Jika suka daun jeruk, boleh menambahkan daun jeruknya. Goreng bersama ayam..
  9. Kalau setiap proses yang saya tulis diikuti, pada tahap ini, ayam akan wangiiii banget....
  10. Angkat ayam bersama bumbu-bumbu kering yang menempel. Jika warnanya kecoklatan, itu bukan hangus yah, memang seperti itu. Daun salamnya juga nanti bakalan enak dimakan krn akan terselimuti bumbu. Daun jeruknya bakalan crispy banget....
  11. Untuk sambelnya, taruh Cabe Rawit merah dan cabe besar di ulekan. Taburi setebgah sendok teh garam. Satu sendok teh gula. Ulek kasar atau sesuai selera. Jika sudah diulek, beri perasan jeruk limau. Rasanya nanti akan pedas, gurih, asam... Segar... Tingkat keepedasan yang diinginkan tergantung beraapa banyak cabe yang kalian pakai yah... Selamat memasak....
Terakhir, anda bisa menyajikan ayam bersama dengan gorengan daun jeruk. Ayam goreng aroma jeruk sudah selesai dibuat. Sekarang anda bisa menyajikannya di meja makan untuk menu makan yang semakin berselera. Tips Memasak Agar Bumbu Ayam Goreng Meresap. Jika bumbu ayam goreng meresap hingga ke dalam ayam, maka sajian ayam akan semakin lezat. - Bawang goreng - Jeruk limau - Sambal.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam goreng ketumbar dengan sambal mentah jeruk limau. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close