Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan Anti Gagal!

Coba resep ikan asap dan tempe kuah santan sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Menu ikan asap dan tempe kuah santan ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan

Banyak orang malas mulai memasak ikan asap dan tempe kuah santan karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan asap dan tempe kuah santan! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibikin terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Watch Queue Dibawah ini adalah informasi Resep Ikan Pari Asap Kuah Santan. Cara Membuat Ikan Tongkol Asap Kuah Santan Pedas: Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga matang dan harum kemudian masukkan cabe merah dan cabe hijau.

Kamu dapat menyiapkan ikan asap dan tempe kuah santan hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ikan asap dan tempe kuah santan!

Untuk membuat Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 10 potong of ikan asap.
  2. Dibutuhkan 1/2 papan of tempe.
  3. Ambil 8 siung of bawang merah.
  4. Ambil 4 siung of bawang putih.
  5. Ambil 20 buah of cabe rawit hijau.
  6. Siapkan 1 ruas of lengkuas.
  7. Siapkan 1 buah of sereh.
  8. Siapkan 2 lembar of daun salam.
  9. Diperlukan 5 lembar of daun jeruk.
  10. Siapkan 1 bungkus of santan kara.
  11. Sediakan 1/2 sdt of garam.
  12. Dibutuhkan 1 sdt of kaldu jamur.
  13. Diperlukan 250 ml of air.

Masukkan tongkol asap, tahu dan tempe, aduk hingga rata kemudian tuang santan sedikit demi sedikit. Masak hingga bumbu meresap dan kuah agak menyusut. Masakan praktis ikan dengan menggunakan ikan air tawar yang diasap, nyammm 😀. Aroma asap pada ikan baung yang kami gunakan dalam masakan praktis berbahan ikan ini amat menyelerakan, apalagi dipadu dengan bumbu khas Indonesia dan manis gurihnya santan.

Langkah-langkah menghidangkan Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan:

  1. Cuci bersih ikan asap utk menghilangkan lendir & baunya. Goreng setengah matang dan sisihkan..
  2. Potong tempe menjadi kotak-kotak kecil. Iris halus bawang merah, bawang putih. Memarkan lengkuas, sobek daun jeruk & daun salam..
  3. Panaskan minyak, masukan bawang merah. Tumis hingga harum dan layu, lalu tambahkan bawang putih, cabe rawit, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh. Aduk hingga harum..
  4. Masukan tempe & ikan asap, aduk rata. Lalu tambahkan air tunggu hingga mendidih..
  5. Setelah mendidih tambahkan santan, aduk agar tidak pecah. Kemudian tambahkan garam & kaldu jamur. Masak hingga air menyusut..
  6. Koreksi rasa dan siap di hidangkan...
Ngomong-ngomong, ikan baung ini sejenis dengan ikan lele. Masukkan ikan asap, masak hingga kuah asat dan bumbu meresap. Matikan api, lalu masukan daun kemangi. Rasanya yang sedap dan lezat tentunya akan menggugah selera makan anda. Berikut ini kami hadirkan resep ikan kuah sederhana seperti sup ikan nila, sup ikan kakap, sup ikan patin, ikan tongkol masak kuah dan ikan jambal masak kuah.

Mudah bukan membuat ikan asap dan tempe kuah santan? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close