Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pempek Dos (Tanpa Ikan) Kekinian

Ingin memasak pempek dos (tanpa ikan) yang lezat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep pempek dos (tanpa ikan) terbaik! pempek dos (tanpa ikan) adalah salah satu menu makanan yang paling disukai. Yuk, saatnya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Pempek Dos (Tanpa Ikan)

Sebagian Besar orang malas mulai memasak pempek dos (tanpa ikan) karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos (tanpa ikan)! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan kuat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Resep Pempek Dos (Tanpa Ikan) Enak dan Sederhana Koki Cantik Temukan Resep Pempek Dos (Tanpa Ikan) enak, sederhana & praktis disini. Bahan menu olahannya murah, mudah didapat dan cara membuat Pempek Dos (Tanpa Ikan) ini cocok untuk pemula Lauk Utama resep pempek dos (tanpa ikan) Indonesia Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat membuat pempek dos (tanpa ikan) hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin pempek dos (tanpa ikan) yuk!

Untuk menyiapkan Pempek Dos (Tanpa Ikan), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Bahan Biang.
  2. Dibutuhkan 500 ml of air.
  3. Sediakan 4 sdt of garam.
  4. Siapkan 2 sdt of kaldu ayam (sy pake royco).
  5. Diperlukan 1 sdt of gula pasir.
  6. Siapkan 250 gr of terigu serbaguna (sy pake cakra kembar).
  7. Sediakan of Bahan lain.
  8. Siapkan 1 butir of telur (4 butir di resep asli).
  9. Sediakan 400 gr of tapioka (cap tani).
  10. Sediakan 1 butir of telur untuk isian (optional).
  11. Dibutuhkan of Bahan cuko.
  12. Gunakan 500 gr of gula merah.
  13. Sediakan 500 ml of air.
  14. Siapkan 2 siung of bawang putih.
  15. Ambil 5 buah of cabe rawit.
  16. Diperlukan 500 gr of asam jawa.
  17. Sediakan Secukupnya of gula.
  18. Dibutuhkan Secukupnya of garam.

Kalau pada umumnya pempek atau empek - empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos. Hasilnya sih tetap enak ya, apalagi cukonya 🤤 setidaknya mengobati kangen makan pempek asli palembang yg biasa dibawain suami klo dari dinas di s. Siapkan bahan-bahan lalu campur bahan biang dalam panci. Goreng pempek dalam minyak panas sampai permukaannya kecoklatan, angkat serta tiriskan.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Dos (Tanpa Ikan):

  1. Bahan biang: siapkan semua bahan biang. Tambahkan air, garam, gula dan kaldu bubuk sampai tercampur rata dan mendidih.
  2. Kecilkan api. Tambahkan tepung terigu secara bertahap, aduk sampai tercampur rata. Kemudian matikan api, biarkan sampai hangat..
  3. Setelah adonan hangat, masukkan telur dan aduk secara perlahan (diresep asli pakai mixer, kalo saya cukup diaduk saja). Tambahkan tepung tapioka secara bertahap sampai adonan lembut dan tercampur rata..
  4. Panaskan air dan beri 1 sdm minyak. Ketika mendidih kecilkan api. Untuk membentuk adonan, balurkan tangan menggunakan tepung tapioka. Bentuk adonan sesuai selera mau isian telur atau lenjer..
  5. Rebus pempek sampai mengapung, kemudian angkat dan tiriskan..
  6. Cara membuah kuah cuko: haluskan bawang putih dan cabe rawit. Masukkan bumbu halus tadi ke dalam wajan. Tambahkan gula merah, asam jawa, garam dan gula pasir. Koreksi rasa..
  7. Jika sudah pas, saring dan sisihkan hingga menjadi dingin..
  8. Goreng pempek dengan minyak panas dengan api sedang. Goreng sampai kering. Angkat dan tiriskan. Potong pempeknya, tambahkan irisan timun dan siram dengan kuah cuko. Pempek dos siap disantap😉.
Selesai dong resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut nya. Bikin saus cuko pempek dos : Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus serta garam. Matikan api serta masukkan cuka/air asam jawa ke dalamnya. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan.

Mudah bukan membuat pempek dos (tanpa ikan)? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close