Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang yang Bikin Ngiler!

Jenuh sama menu makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep pempek dos (tanpa ikan) plembang ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Perkaya koleksi resepmu dengan pempek dos (tanpa ikan) plembang! Menu spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan pempek dos (tanpa ikan) plembang karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos (tanpa ikan) plembang! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

RESEP — Nama pempek DOS memang terdengar unik dan asing. Namun siapa yang tahu, ternyata nama tersebut diambil sebab saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Bagi kamu yang belum tahu, pempek DOS adalah pempek yang dibuat tanpa tambahan ikan sedikitpun.

Kawan-kawan dapat menghidangkan pempek dos (tanpa ikan) plembang hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep pempek dos (tanpa ikan) plembang!

Untuk menyiapkan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 250 gr of terigu.
  2. Ambil 2 butir of telor ayam utuh.
  3. Ambil 1 sdm of garam (sesuai selera).
  4. Ambil 1/2 sdt of vetsin (you may skip it, it's optional).
  5. Siapkan 400 gr of sagu, merk apa sj (kl mw lebih kenyal boleh + 100 gr).
  6. Gunakan 1 liter of air.

Pempek Dos (pempek tanpa ikan) Palembang Karena orang dirumah lagi rame dan lagi hujan emang paling enak makan pempek yakaann , jadila pempek dadakan tanpa ikan tapi tetep laris manissss. Isi seadanya yg di kulkas ada tahu dan ebi. Resep pempek dos lenjer palembang resep pempek dos lenjer belah isi kecap cabe. Harap berhati hati saat menggoreng pempek dos, di karenakan terkadang ada yang meletus memercikkan minyak panas saat menggoreng oleh karena itu di sebut pempek dos.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Dos (tanpa ikan) Plembang:

  1. Campur semua bahan jadi satu kecuali sagu. Aduk rata sampai tidak ada yg bergerindil..
  2. Didihkan adonan sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Gunakan api kecil ya Jeng2.. Aduk terus sampai mengental. Kalo sudah mendidih dan kental, matikan api dan dinginkan..
  3. Setelah dingin, tambahkan sagu sedikit2 sambil terus diuleni..
  4. Setelah diuleni, baru bisa dibentuk/ dibikin sesuai selera. Untuk jenis pempek yg bs langsung digoreng antara lain : pempek pistel, pempek isi udang rebon, dan pempek isi tahu (tahunya digoreng sebentar dulu sebelum diisikan). Untuk jenis pempek yg direbus : pempek telok kecik, pempek lenjer, dan pempek kerupuk / keriting..
  5. Untuk pempek yg langsung digoreng, Jeng2 harus ingat. Saat menggoreng gunakan api kecil saja, biar gak gosong tp masih mentah dalem. Nha, kalo untuk pempek rebus, pun jgn terlalu lama merebusnya. Kalo sdh mengapung si pempek, angkat..
  6. Digambar akhir aku pake foto pempek telok kecik dan pempek lenjer yg digoreng dulu sebelum disajikan ke misua. Request misua? Goreng garing, Hun..😙 Nha, siap deh dinikmati pake cuko..
Untuk kelembutan , resep pempek dos ini terbukti masih tetap lembut walaupun dalam keadaan dingin. Nama pempek DOS memang terdengar unik. Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat pempek dos (tanpa ikan) plembang hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close