Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Bacem yang Bikin Ngiler!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep ayam bacem ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Menu ayam bacem ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Ayam Bacem

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan ayam bacem karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam bacem! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Selain digoreng, ayam bacem diatas juga bisa dibakar tanpa merubah bumbu yang digunakan. Cara memasak ayam dengan mudah serta cukup sederhana tetapi memiliki cita rasa yang enak berkesan, tentu tidak ada salahnya untuk dicoba. Kombinasi ayam bumbu bacem sederhana dari perpaduan rasa manis, asam dan gurih yang melekat pada lembutnya daging ayam yang menjadikannya sedikit lebih berbeda.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat memasak ayam bacem hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin ayam bacem yuk!

Untuk menyiapkan Ayam Bacem, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 500 gr of ayam paha.
  2. Sediakan 1 papan of tempe kecil.
  3. Diperlukan 4 bj of tahu (saya potong jadi 2).
  4. Diperlukan 100 gr of gula merah.
  5. Diperlukan of Bumbu halus.
  6. Siapkan 5 siung of bawang merah.
  7. Ambil 6 siung of bawang putih.
  8. Ambil 1 sachet of ketumbar bubuk.
  9. Siapkan 1 sachet of royco ayam.
  10. Dibutuhkan 4 btr of kemiri.
  11. Diperlukan 2 lbr of daun salam.
  12. Dibutuhkan 1 ruas of kunyit.
  13. Gunakan 1 ruas of jahe.
  14. Ambil 1 ruas of laos.
  15. Siapkan Secukupnya of garam.
  16. Gunakan Secukupnya of micin.
  17. Sediakan Secukupnya of gula pasir.
  18. Gunakan 1200 of Air.
  19. Gunakan secukupnya of Minyak goreng.

Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta.

Cara menyiapkan Ayam Bacem:

  1. Siapkan bahan lalu blender bumbu halus,ambil kwali masukan ayam,tempe,tahu lalu masukan air dan masukan bumbu yang sudah diblender,daun salam,laos..
  2. Hidupkan kompor lalu aduk bumbu masukan,gula merah, royco,gula,garam,micin dan biarkan sampai asat dan rasa..
  3. Setelah asat matikan kompor lalu siapkan kwali beri minyak goreng secukupnya lalu goreng sampai kuning keclokatan angkat..
  4. Sajikan dengan sayur asam dan sambal belacan.
Lihat juga resep Ayam kalasan tahu tempe bacem enak lainnya. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam bacem. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close